SOLID GOLD BERJANGKA | MASIH BERADA DI ZONA MERAH

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MASIH BERADA DI ZONA MERAH DITENGAH ISU TAPERING AMERIKA SERIKAT

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas relatif stabil disesi perdagangan pada hari Selasa (15/Juni). Bergerak dirange $ 1870 – $ 1850/troy ons seiring rilis data Amerika Serikat yakni Penjualan Ritel (Retail Sales). Dan Indeks harga produsen Amerika Serikat tidak memberikan pengaruh besar pada pergerakan harga emas. Dan juga termasuk Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY).

Penjualan Ritel (Retail Sales) Amerika Serikat menurun lebih rendah daripada ekspektasi. Departemen Perdagangan Amerika Serikat mencatat, Retail Sales bulan Mei jeblok ke -1.3 %, dari ekspektasi -0.6 %. Namun, data bulan sebelumnya direvisi naik menjadi 0.9 %. Selain data Penjualan Ritel, data Inflasi Produsen juga dirilis dan hasilnya. Inflasi produsen Amerika Serikat bulan Mei naik ke 0.8 % dari 0.6 % sebelumnya. Sedangkan PPI Inti (Core PPI) stabil di level 0.7 %.

Disisi lain, volume perdagangan di pasar hari ini juga terbilan tipis. Karena pasar masih menantikan pengumuman FOMC pada kamis dini hari.

Sejauh ini, para pejabat The Fed masih pada pandangan bahwa dorongan kenaikan inflasi hanya bersifat sementara. Kendati demikian, pasar tetap memasang antisipasi. Pasalnya kenaikan inflasi sudah cukup tinggi dan tidak menutup kemungkinan untuk The Fed melakukan tapering aset lebih awal daripada rencana.

Sementara itu, salah seorang bos pengelola dana di Wall Street Paul Tudor Jones menilai Jerome Powell bisa kehilangan tahtanya sebagai Ketua The Fed. Jika dia salah mengambil kebijakan dan memicu aksi jual besarbesaran di pasar dunia.

ANALISA FUNDAMENTAL

Disisa pekan ini, investor di global akan memantau jalannya rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) yang akan digelar pada Selasa malam nanti hingga Rabu besok. Dan diperkirakan tak akan mengubah kebijakan moneternya ataupun mengurangi pembelian surat berharga di pasar.

Namun demikian, pasar bakal memantau komentar para pejabat bank sentral. Untuk melihat apakah ada sinyal kekhawatiran melihat inflasi yang telah menyentuh 5 %. Dan peluang dikuranginya pembelian obligasi dari pasar sekunder (tapering).

Salah seorang bos pengelola dana di Wall Street, Paul Tudor Jones menilai Jerome Powell bisa kehilangan tahtanya sebagai Ketua The Fed jika dia salah mengambil kebijakan dan memicu aksi jual besar-besaran di pasar dunia.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Dari survei yang dihimpun Kitco.com, 33 % pemain Wall Street memperkirakan harga emas akan bullish. 33 % memperkirakan harga emas akan netral atau sideways, dan 33 % lainnya memperkirakan harga emas akan bearish.

Sementara itu. 66 % pemain Main Street memperkirakan harga emas akan bullish, 17 % memperkirakan bearish, dan 17 % lainnya memperkirakan netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1871/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1882/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1860/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1849/troy ons dan support 3 $ 1837/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2273 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*