SOLID GOLD BERJANGKA | DITENGAH PENINGKATAN INFLASI

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MENGUAT DITENGAH PENINGKATAN INFLASI Amerika Serikat

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas kembali meraih penguatan di sesi perdagangan Eropa pada hari Selasa (13/April) naik hingga 0.58 % atau mencapai level $ 1748.90/troy ons pasca pemerintah dan bank sentral Amerika Serikat kompak menyatakan bahwa inflasi Amerika Serikat akan meningkat beberapa bulan ke depan.

Pejabat bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) menyatakan kesediaannya untuk membiarkan inflasi meninggi dalam beberapa waktu tanpa melakukan perubahan kebijakan akomodatif mereka, termasuk dalam pembelian aset di pasar dan suku bunga acuan mendekati 0 %.

Selain itu, Kabar buruk datang dari vaksin besutan emiten Amerika Serikat Johnson & Johnson dilaporkan memicu kasus penggumpalan darah akut terhadap enam orang penerima vaksin di Amerika Serikat. Dugaan tersebut kini sedang ditelusuri Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention). Hal ini, berimbas negatif terhadap mata uang Indeks Dollar Amerika Serikat dan juga termasuk saham Amerika Serikat.

Harga emas sudah downtrend dari level tertingginya sepanjang masa sejak kuartal terakhir tahun lalu seiring dengan membaiknya outlook perekonomian global akibat ageresifnya kampanye vaksinasi Covid-19 secara masal. Namun, beberapa analis menilai bahwa fundamental emas masih kuat. Salah satunya adalah analis Standard Chartered Suki Cooper. Menurutnya harga emas saat ini kenaikan ekspektasi inflasi belum benar-benar tercermin pada harga emas.

Di sepanjang tahun 2021, fokus pelaku pasar tertuju pada kenaikan imbal hasil (yield) obligasi Amerika Serikat yang tajam. Pasar yang reaktif langsung menyebabkan harga emas susah untuk rebound dilevel yang lebih tinggi.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, disisa pekan ini akan ada pidato dari beberapa pejabat the Fed yang akan menyampaikan pesan tentang pertumbuhan atau pemulihan ekonomi Amerika Serikat yang kuat namun perjalanan masih panjang.

Highlight dari minggu ini adalah angka penjualan ritel untuk bulan Maret. Setelah menerima cek stimulus pada bulan lalu, para konsumen kemungkinan akan pergi pesta belanja. Para ekonom memperkirakan angka penjualan ritel umum akan naik sebanyak 4.7 % lebih dari mengatasi kejatuhan pada bulan Februari.

Sementara, angka belanja ini kemungkinan akan menutupi angka klaim pengangguran mingguan, namun penurunan dibawah 700.000 akan memberikan semangat, sementara angka diatas itu akan membebani dollar Amerika Serikat. Consumer Sentiment Index pendahuluan dari Universitas Michigan untuk bulan April diperkirakan akan memperpanjang kenaikannya ditengah cepatnya vaksinasi, pembukaan kembali aktifitas ekonomi, dan dibagikannya cek stimulus.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Secara teknikal, Survei mingguan yang dilakukan Kitco menunjukkan baik analis dan pelaku pasar kini kompak memprediksi emas dunia akan menguat di pekan ini. Survei terhadap 15 analis di Wall Street menunjukkan sebanyak 9 orang atau 60 % memperkirakan emas akan bullish (tren naik) di pekan ini. 3 orang atau 20 % bearish, dan sisanya netral.

Sementara itu survei terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, dengan 1.201 partisipan menunjukkan 65 % memberikan proyeksi bullish 20 % bearish dan 15 % netral.

Analis yang disurvei mengatakan sentimen terhadap emas kini membaik setelah berhasil bangkit ke atas US $ 1.700/troy ons. Adam Button, kepala strategi di Forexlive.com, mengatakan US $ 1.755/troy ons akan menjadi kunci pergerakan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1764/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1786/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1721/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1700/troy ons dan support 3 $ 1688/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2180 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*