SOLID GOLD BERJANGKA | MENUJU LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TOZ

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – VAKSIN COVID-19 MEMBATASI PERGERAKAN HARGA EMAS MENUJU LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TOZ

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas cenderung flat pada perdagangan pagi
ini, Rabu (18/November). Berbeda dengan sebelumnya, kali ini berita positif dengan munculnya vaksin Covid-19 tidak membuat harga emas terjun bebas seperti sebelumnya. Moderna Inc juga melaporkan bahwa kandidat vaksin yang mereka kembangkan memiliki tingkat keampuhan mencapai 94,5 %.

Disisi lain, Indeks dolar Amerika Serikat sebagai aset investasi sedang meredup di tahun ini, meski sempat berjaya pada bulan Maret lalu. Hal ini tercermin dari indeks dollar Amerika Serikat yang berada di dekat level terlemah dalam lebih dari 2 tahun terakhir. Saat itu, virus corona mulai menyerang ke berbagai negara, kebijakan karantina (lockdown) marak dilakukan, yang memicu aksi jual di berbagai aset, mulai dari aset berisiko hingga aset safe haven seperti emas. Hingga muncul istilah “cash is the king”. Kini sang raja sudah mulai lengser ke perabon, banyak yang memprediksi dollar Amerika Serikat akan terus merosot hingga tahun depan.

Data-data ekonomi terbaru masih menunjukkan bahwa ekonomi belum pulih benar dari sekaratnya. Bahkan cenderung terancam semakin parah dengan maraknya lockdown di berbagai Negara salah satunya Eropa dan Inggris akibat lonjakan kasus infeksi Covid-19.

Para ekonom dan analis pasar telah mencatat bahwa meskipun vaksin merupakan kabar baik bagi ekonomi global, pandemi global telah menimbulkan banyak kerusakan pada perekonomian. Para ekonom mencatat bahwa data terbaru dari Federal Reserve New York tersebut sudah menjadi salah satu bukti yang menunjukkan bahwa perekonomian masih membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama.

Ke depan sentimen di pasar emas masih diyakini masih akan memberikan tekanan ke atas pada harga logam kuning itu. Bank investasi global Goldman Sachs tetap mempertahankan target harga emas di $ 2.300/troy ons untuk tahun 2021. Sementara itu TD Securities memiliki pandangan yang lebih bullish terhadap emas dengan memproyeksikan harga bakal tembus level fenomenal $ 2.500/troy ons untuk tahun depan.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Kabar positif vaksin Covid-19 kini bertambah dengan Moderna melaporkan efektivitas vaksin besutannya mencapai level 94 % pada uji coba tahap ketiga. Capaian ini lebih baik dari Pfizer yang vaksinnya memiliki efektivitas 90%. Saham Moderna pun terbang 11%.

Moderna menyatakan bahwa vaksinnya masih stabil di suhu 36-46 derajat Fahrenheit (2-8 derajat Celcius), yang merupakan suhu standard kulkas penyimpanan vaksin, hingga 30 hari. Jika disimpan di suhu -20 derajat Celcius, vaksin bisa bertahan hingga 6 bulan.

Meski demikian, perkembangan positif tersebut masih dibayangi risiko fundamental terkait penyebaran virus saat ini yang terus meninggi, mengingat vaksin belum tersedia secara masal dalam waktu dekat.

Namun Dan Russo, Kepala Perencana Pasar Chaikin Analytics menilai pasar bisa mengantisipasi kenaikan tersebut. “Investor terlihat lebih fokus memantau kabar vaksin dan mau mengabaikan lonjakan kasus dalam waktu dekat,” tuturnya, sebagaimana dikutip CNBC International.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Beberapa para analis memperkirakan bahwa setelah pemilu selesai prospek emas tetap sangat positif untuk tahun 2021, dengan harga emas tersebut diproyeksikan menjadi salah satu pemenang aset terbesar. Beberapa perkiraan target harga bervariasi mulai dari $ 2.100/troy ons hingga $2.200/troy ons pada awal 2021.

Survei yang dilakukan Kitco.com menunjukkan sentimen bullish emas. Sekitar 69 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas akan bullish, 13 % bearish, dan 19 % lainnya netral atau sideways. Sementara itu, 52 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 33% bearish, dan 15 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1896/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1907/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1874/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $1863/troy ons dan support 3 $ 1850/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*