SOLID GOLD BERJANGKA | NASIB EMAS PEKAN INI

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – WAIT AND SEE! PERTEMUAN THE FED AKAN MENENTUKAN NASIB EMAS PEKAN INI

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas bergerak sideways disepanjang sesi perdagangan pada hari Selasa (27/Juli). Di area level Psikologis $ 1800/troy ons seiring adanya sikap wait and see dari para investor. Menjelang dirilisnya keputusan kebijakan moneter terbaru dari Federal Reserve Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Dalam pernyataan terbarunya, The Fed diprediksi akan kembali menegaskan bahwa pemulihan ekonomi Amerika Serikat. Serta diskusi terkait perubahan kebijakan moneter yang sedang berlangsung. Terlepas dari prospek pertumbuhan ekonomi yang positif untuk tahun 2021 hingga 2022. Melonjaknya jumlah kasus COVID-19 akibat mengganasnya varian Delta terus menjadi ancaman terbesar bagi pertumbuhan ekonomi global.

Disisi lain, Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF). Yang mengingatkan bahwa ada risiko bahwa inflasi ternyata bukan hanya bersifat peralihan. Sehingga mendorong bank sentral mengambil langkah cegah-tangkal (pre-emptive action). Oleh karena itu, pasar akan memantau ketat Rapat Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) yang dimulai hari ini.

Selain dari IMF, pelaku pasar juga enggan masuk dalam pasar saham sentimen buruk muncul dari Asia. Berupa anjloknya bursa Hong Kong lebih dari 4 % di tengah kekhawatiran pengetatan pemerintah China terhadap perusahaan digital mereka yang tercatat di negara Barat. Hal ini, tentunya akan membuat para investor beralih masuk ke aset safe haven (lindung nilai) seperti emas.

ANALISA FUNDAMENTAL

Minggu ini, perhatian pelaku pasar akan fokus pada FOMC meeting. Terutama mengenai proyeksi suku bunga dan pengurangan pembelian asset atau tapering. Pada testimoninya beberapa waktu lalu, ketua The Fed Powell mengatakan bahwa kenaikan inflasi yang terjadi bersifat sementara. Dan lapangan pekerjaan masih belum seperti yang diharapkan, sehingga The Fed belum akan mengubah kebijakan moneternya.

Selain itu, rilis data penting dari kelender ekonomi Amerika Serikat lainnya adalah. Advanced GDP kuartal kedua 2021 dan Core PCE Price Index untuk bulan Juni. GDP kuartal kedua diperkirakan melonjak menjadi +8.5 % dibandingkan kuartal sebelumnya yang +6.4 %. Sementara Core PCE Price Index diperkirakan naik 0.6 %.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Survei yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sentimen yang beragam. Sekitar 13 % analis dari Wall Street memperkirakan harga emas akan bullish. 60 % memperkirakan bearish, dan 27 % netral atau sideways.

Sementara itu, 55 % analis dari Main Street memperkirakan harga emas akan bullish. 26 % memperkirakan bearish, dan 19 % lainnya netral (sideways).

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1825/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1784/troy ons. Dan support 3 $ 1776/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2235 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*