SOLID GOLD BERJANGKA | PARA PELAKU PASAR

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MELEMAH DILANDA AKSI PROFIT TAKING OLEH PARA PELAKU PASAR

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas turun tajam sebesar 1.5 %. Menghentikan tren penguatan menuju level $ 1.700 disepanjang perdagangan pada hari selasa (25/Feb). Turun ke level $ 1625.20/troy ons, setelah investor memilih untuk melakukan aksi profit taking. Langkah tersebut diambil karena kekhawatiran atas lonjakan kasus virus Corona di luar China kian meningkat.

Diketahui, angka kematian akibat virus Corona di luar China tepatnya di Italia pada Senin (24/02). Demi mencegah penyebaran lebih lanjut, pihak berwenang Italia menutup sekolah. Dan menghentikan karnaval di Venesia pasca ditemukannya dua kasus virus Corona.

Di saat yang sama, beberapa negara di Timur Tengah terus berjuang untuk menangani infeksi virus Corona pertamanya. Penyebaran virus corona di Italia memicu spekulasi bahwa European Central Bank (ECB) akan memangkas suku bunganya lebih cepat; mencerminkan adanya peningkatan kekhawatiran bahwa virus akan menyebar dan membebani perekonomian Zona Euro.

Disisi lain, Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan kepada Reuters. Bahwa ia tidak memperkirakan wabah virus Corona akan berdampak secara materi terhadap kesepakatan perdagangan Amerika Serikat – Tiongkok Fase Satu. Meskipun demikian, ia tak menampik hal ini bisa berubah. Lantaran akan ada banyak data yang dirilis dalam beberapa pekan ke depan. Para pelaku pasar juga turut berspekulasi The Fed akan memangkas suku bunganya guna meminimalisir dampak wabah virus Corona terhadap ekonomi.

Selain itu, Pemerintahan Trump juga dikabarkan sedang mempertimbangkan pengajuan pendanaan darurat. Kepada anggota parlemen guna meningkatkan antisipasinya terhadap penyebaran virus Corona.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Target pergerakan harga emas berikutnya adalah mencapai $ 1,700. Goldman Sachs merilis laporan pada hari Kamis minggu lalu. Memperingati para investor bahwa koreksi sebesar 10 % di saham kelihatannya semakin bisa terjadi. Kalau ini benar-benar terjadi, ini adalah pergerakan turun yang besar bagi saham dan emas akan bisa semakin naik.

Sementara itu, dari data makro ekonomi Amerika Serikat. Data yang keluar terus memberikan signal bahwa ekonomi lokal negara itu adalah yang paling dapat bertahan. Faktor yang menyebabkan kenaikan dari “greenback” selain karena ketakutan akan virus corona. Dan optimisnya the Fed akan perekonomian Amerika Serikat, adalah daftar yang panjang. Dari angka makro ekonomi Amerika Serikat yang bagus seperti Building Permits, Housing Starts, Producer Prices, dan Philly Fed Manufacturing Index yang mengesankan.

Meskipun dollar Amerika Serikat telah menjadi mata uang yang paling kuat secara luas. Namun tidak bisa menahan kenaikan dari emas, menunjukkan akan ketakutan pasar yang luar biasa.

Minggu ini, fokus investor masih pada perkembangan virus corona. Beberapa data penting dari Amerika Serikat yang akan rilis minggu ini antara lain adalah. Preliminary GDP kuartal keempat 2019, indeks kepercayaan konsumen versi CB, Durable Goods Orders, dan Core PCE Price Index.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas kembali mengalami kenaikan di level tertinggi 7 tahun terakhir 2013. Yaitu di level $ 1689.30/troy ons, pada hari senin (24/02) setelah mengalami koreksi selama 1 minggu. Yaitu di range $ 1558 – $ 1558/troy ons. Harga emas naik dan bergerak diatas level psikologis $ 1600 disebab kan oleh wabah virus corona. Dan mengakibatkan memperlambatan pertumbukan ekonomi global (Dunia).

Untuk sepekan ke depan resistance 1 berada di level $ 1672/troy ons jika, harga emas dapat menembus resitance tersebut. Maka dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 2 di level $ 1697/troy ons atau level tertinggi tahun 2013. Untuk perubahan trend pergerakan harga emas (bearish) berada pada level $ 1624/troy ons. Jika harga emas dapat menembus kembali support tersebut. Kemungkinan besar dapat harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 yaitu di level psikologis $ 1600. Dan jika harga emas bergerak di bawah level psikologis $ 1600. Maka harga emas kemungkinan akan mengalami penurunan kembali ke support terkuat yaitu di level $ 1585.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*