SOLID GOLD BERJANGKA | PENEMUAN VAKSIN CORONA VIRUS

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS TURUN TAJAM PASCA PRESIDEN RUSIA MENGUMUMKAN PENEMUAN VAKSIN CORONA VIRUS

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mencatat penurunan harian terbesarnya
sejak maret atau hampir lima bulan terakhir di sesi perdagangan pada hari Selasa (11/Agustus) turun hingga – 5.07 % dari level $ 2.030/troy ons turun hingga level $1.909.90/troy ons seiring aksi ambil untung (profit taking) masif oleh para pelaku pasar ditenga tanda-tanda bangkitnya perekonomian Amerika Serikat.

Profit taking semakin menggila setelah Rusia mengumumkan telah menemukan vaksin Virus corona (Covid-19). Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat hari ini melaporkan tingkat pengangguran di bulan Juli turun tajam menjadi 10,2 % dari sebelumnya 11,1 %. Selain itu, sepanjang bulan lalu, perekonomian Amerika Serikat kembali menyerap tenaga kerja di luar sektor pertanian, yang dikenal dengan istilah non-farm payrolls, sebanyak 1,763 juta orang, lebih banyak ketimbang prediksi di Forex Factory sebesar 1,53 juta. Data-data tersebut menunjukkan perekonomian Amerika Serikat mulai bangkit setelah nyungsep hingga mengalami resesi di kuartal II-2020 lalu.

Tidak hanya itu, Kembali naiknya rata-rata gaji berpeluang meningkatkan belanja konsumen atau belanja rumah tangga yang merupakan tulang punggung perekonomian Amerika Serikat. Belanja rumah tangga berkontribusi sekitar 70 % terhadap produk domestic bruto (PDB) Amerika Serikat.

Selain itu Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani empat perintah eksekutif pada Sabtu (8/Agustus/2020) waktu setempat atau Minggu (9/Agustus/2020) WIB. Salah satu dari empat perintah eksekutif itu berisi bantuan langsung kepada pengangguran senilai US $ 400 per pekan. Bantuan senilai US $ 400 per pekan tersebut tentunya akan meningkatkan daya beli warga Amerika Serikat, yang lagi-lagi berpotensi memberikan dampak signifikan ke PDB.

Membaiknya pasar tenaga kerja serta kebijakan bantuan langsung dari Trump membuat harapan perekonomian Amerika Serikat akan segara bangkit, daya tarik emas sebagai aset aman (safe haven) menjadi luntur sehingga memicu aksi profit taking. Aksi profit taking kian menggila setelah media lokal Rusia memberitakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa pemerintahannya telah memberi persetujuan vaksin virus corona yang pertama di dunia. Pengumuman tersebut membuat saham Eropa hingga Amerika Serikat menguat tajam, harga emas pun terus merosot.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Para trader dan investor telah kembali mengambil resiko sebagian disebabkan karena berita semalam bahwa Rusia telah menyetujui vaksin Covid – 19. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada reporter bahwa vaksin telah diberikan kepada anak perempuannya. Meskipun demikian, para ahli kesehatan global memberikan peringatan bahwa vaksin dari Rusia prematur karena tidak melalui percobaan tiga tahap penuh yang berlangsung berbulan-bulan.

Selain itu, Bursa As dan USD menguat setelah media lokal memberitakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa pemerintahannya telah memberi persetujuan vaksin Covid-19 yang pertama di dunia. Meski muncul skeptisisme soal temuan vaksin di Rusia, kabar itu tetap memicu optimisme bahwa pandemi akan segera teratasi. Ditambah lagi dengan kasus baru Covid – 19 di Amerika Serikat mulai turun sedikit.

Untuk minggu ini, perhatian pasar masih akan tertuju pada kelanjutan perundingan stimulus di Kongres Amerika Serikat antara partai Republik dan Demokrat dan perkembangan konflik Amerika Serikat – Tiongkok. Data penting minggu ini adalah CPI, Retail Sales dan Jobless Claims Amerika Serikat, serta GDP Inggris.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Grafik harian masih menunjukkan harga emas sedang dalam koreksi turun yang normal dalam tren naik yang masih kuat. Namun, apabila ada tekanan jual yang lebih kuat lagi pada minggu ini, hal ini akan bisa merusak grafik jangka pendek. Jadi pergerakan harga emas selama sisa minggu ini sangat kritikal. Untuk
hari ini, tren naik masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek.

Dari survey yang dilakukan Kitco.com, sekitar 41 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas masih akan bullish, 41 % lainnya bearish, dan 18 % netral atau sideways. Sementara 69 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 18% bearish, dan 13 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1939/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1960/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1886/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1860/troy ons dan support 3 $ 1827/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*