SOLID GOLD BERJANGKA | PENGUMUMAN KEBIJAKAN MONETER

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS BERGERAK STABIL JELANG PENGUMUMAN KEBIJAKAN MONETER DARI BANK SENTRAL AMERIKA SERIKAT

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas bergerak stabil disepanjang sesi perdagangan pada hari Selasa (02/November) di range $ 1796 – $ 1786/troy ons jelang pertemuan The Fed. Pasar mengharapkan The Fed akan memberikan petunjuk mengenai kenaikan suku bunga setelah pemangkasan stimulus, guna mengantisipasi dampak kenaikan inflasi.

The Fed diperkirakan akan mengumumkan tapering di pekan ini. Pernah terjadi di tahun 2013, tapering membuat harga emas masuk ke tren bearish (penurunan dalam jangka panjang), hingga tahun 2015. Tetapi kondisi saat ini berbeda, ada inflasi yang sangat tinggi, dan harga emas saat ini juga dikatakan sudah mengantisipasi tapering. Sehingga bagaimana respon emas terhadap pengumuman tapering masih menjadi tanda tanya, para investor wajib waspada.

Pasar memprediksi The Fed akan melakukan tapering sebesar US $ 15 miliar setiap bulannya, dari nilai saat ini sebesar US $ 120 miliar. Sehingga memerlukan waktu 8 bulan hingga QE menjadi nol alias selesai. Saat pengumuman tapering dilakukan, emas diperkirakan pasti akan mengalami gejolak, tetapi hanya sesaat.

Selain itu, penguatan Dollar Amerika Serikat dan ekuitas jelang pengumuman kebijakan moneter Amerika Serikat menjadi penghalang bullish emas. Sempat melemah kemarin, Dollar Amerika Serikat telah kembali menguat bersama saham-saham di pasar ekuitas. Hal itu menambah tekanan bagi emas sebagai safe haven.

ANALISA FUNDAMENTAL

Sentimen pasar pekan ini berasal dari Amerika Serikat, yakni konferensi pers bank sentral (Federal Reserve/The Fed) yang bakal merilis suku bunga acuan terbarunya pada Kamis, yang diprediksi masih dipertahankan di angka 0,25 %. Namun, perhatian pelaku pasar dunia akan lebih tertuju pada sinyal percepatan kebijakan tapering (pengurangan suntikan likuiditas moneter di pasar modal).

Selain masalah tapering, minggu ini Amerika Serikat akan mengeluarkan laporan data pekerjaan yaitu Non-Farm Payrolls. Dua kali data Non-Farm Payrolls sangat mengecewakan, di bulan September hanya sedikit penambahan yaitu 194.000 pekerjaan.

Para ekonom memperkirakan kenaikan dua kali lipat sebanyak 385.000 pekerjaan di bulan Oktober, dengan upah tetap di 4.6% secara tahunan.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 15 % pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bullish, 53.8 % akan beraris, dan 30.8 % lainnya netral atau sideways.

Sementara 60.5 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 22.5 % bearish, dan 17 % lainnya netral (sideways). Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1802/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1815/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1778/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1766/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1755/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2271 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*