Perekonomian Zona Euro Kehilangan Momentum – Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi kawasan Euro melambat pada kuartal pertama, menimbulkan tantangan bagi Bank Sentral Eropa karena memikirkan kembali langkah-langkah stimulus moneter.

Ekspansi sebesar 0,4 persen adalah yang terlemah dalam enam kuartal terakhir dan diikuti 0,7 persen pada akhir 2017, tahun yang melihat ekonomi mencatatkan kinerja terbaiknya dalam satu dekade.

Sementara perlambatan sebagian disebabkan oleh cuaca buruk, kelemahan berlama-lama dapat meningkatkan kewaspadaan di antara pembuat kebijakan tentang rencana mereka untuk tahun ini.

Laporan terpisah pada hari Rabu menunjukkan bahwa manufaktur terus melambat pada awal kuartal kedua. Pertumbuhan ekspor menurun, dengan beberapa perusahaan menyalahkan euro yang lebih kuat.

Presiden Mario Draghi dan rekan-rekan ECB-nya telah mengakui moderasi tahun ini, meskipun mereka belum mengungkapkan kekhawatiran mendalam tentang hal itu.

Komisi Eropa dapat mengambil pandangan yang sama ketika memperbarui perkiraan ekonominya. Komisaris Urusan Ekonomi Uni Eropa Pierre Moscovici mengatakan pekan lalu bahwa pertumbuhan tetap “kuat, solid, sehat.”

Satu bidang yang menjadi perhatian adalah meningkatnya risiko perang dagang, dengan peringatan IMF itu bisa merusak pertumbuhan global.

Ketua keuangan Uni Eropa membunyikan alarm setelah AS mengisyaratkan akan menolak permintaan blok untuk pengabaian tanpa syarat dari tarif impor logam.

Laporan manufaktur dari IHS Markit menunjukkan bahwa aktivitas pabrik melambat di sebagian besar ekonomi utama zona euro, dengan hanya Prancis yang mengalami sedikit peningkatan.

Namun, Markit mencatat bahwa indeks berada pada level tertinggi dalam lebih dari 20 tahun terakhir pada akhir tahun 2017, menunjukkan laju yang tidak berkelanjutan – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Bloomberg