SOLID GOLD BERJANGKA | SELANJUTNYA DI LEVEL $ 2.200/TOZ

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KINI MENJADI PRIMADONA DI PASAR GLOBAL, TARGET PENGUATAN SELANJUTNYA DI LEVEL $ 2.200/TOZ

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas diakhir sesi perdagangan pada hari Selasa (04/Agustus) mencetak rekor tertinggi barunya dalam sejarah. Pada perdagangan kemarin harga emas melesat 2,1 % dan ditutup di US $ 2.016.40/troy ons. Pagi ini harga emas masih lanjut menguat dengan apresiasi sebesar 0,29 % ke level $ 2030.95/troy ons.

Reli tak terbendung emas sejak awal tahun membuat harga emas hingga pagi ini sudah menguat sebesar 33,35%. Sebagai aset safe haven, emas mendapat berkah dari resesi global di tahun 2020 ini. Pandemi Corona virus membuat ekonomi dunia menuju jurang resesi. Ditambah lagi ketegangan antara Amerika Serikat – China masih terus berlanjut. Dinamika ini membuat investor mulai mencari suaka untuk menyelematkan diri. Emas menjadi salah satu barang yang paling diminati tahun ini.

Di sisi lain, rendahnya suku bunga acuan dan injeksi likuiditas besar-besaran oleh bank sentral global terutama the Fed melalui quantitative easing berpotensi memicu terjadinya lonjakan inflasi di masa depan. Sebagai aset lindung nilai (hedging) dari devaluasi uang, tentu emas menjadi semakin menarik.

Faktor lain yang juga mendorong harga emas lebih tinggi adalah ledakan di Beirut yang menewaskan puluhan orang dan membuat banyak orang ketakutan. Hal ini juga disampaikan langsung oleh Chief Market Strategist Blue Line Futures Phil Streible.

Kini emas sudah melampui level $ 2.000/troy ons. Streible mengatakan target selanjutnya harga emas berada di level $ 2.200/troy ons. “Sepertinya semakin banyak orang berbicara tentang angka bulat, semakin mereka menjadi seperti ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Setelah mencapai $1.921, lanjut ke $2.000, “katanya.

“$ 2.200 adalah level resistance berikutnya berdasarkan level breakout di $ 1.857 untuk konsolidasi terbaru berdasarkan ekstensi Fibonacci-nya.” tambah Streible.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Ketika dunia memecahkan resesi, pada saat pasar dipindahkan investasinya ke aset aman ( safe haven ) seperti emas, yang membuat harga logam mulia ini terus melesat naik.

Selain resesi, faktor lain yang menjadi “bahan bakar” emas untuk terus menguat adalah kebijakan moneter ultra moneter dari bank sentral di berbagai negara serta kebijakan tidak biasa ( tidak konvensional ) pembelian aset atau yang dikenal dengan istilah pelonggaran kuantitatif dan stimulus likuiditas. Namun, penyebab utama emas melesat ke peringkat tertinggi di bulan Juli adalah ambrolnya indeks dollar Amerika Serikat ke tingkat terendah 2 tahun.

Memasuki triwulan II-2020, banyak analis yang memprediksi emas akan memperoleh penilaian paling tinggi sepanjang masa, yang paling cepat melihat akan berhasil pada akhir tahun ini. Nyatanya hearts 2 pekan terakhir di emas Terus ngegas Saat Dollar Amerika Serikat nyungsep Hingga akhirnya Mencetak Rekor tertinggi Sepanjang masa.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Kini emas sudah melampui level $ 2.000/troy ons. Streible mengatakan target selanjutnya harga emas berada di level $ 2.200/troy ons. “Sepertinya semakin banyak orang berbicara tentang angka bulat, semakin mereka menjadi seperti ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Setelah mencapai $ 1.921, lanjut ke $ 2.000, “katanya. “$ 2.200 adalah level resistance berikutnya berdasarkan level breakout di $ 1.857 untuk konsolidasi terbaru berdasarkan ekstensi Fibonacci-nya.” tambah Streible.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 2033/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 2045/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 2009/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1997/troy ons dan support 3 $ 1973/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*