SOLID GOLD BERJANGKA | STIMULUS PEMERINTAH Amerika

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – PENGUATAN HARGA EMAS MELEMAH PASCA JANJI STIMULUS PEMERINTAH Amerika Serikat

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas melanjutkan penurunan sebesar 1.5 % disesi perdagangan Selasa (10/Mar). Ke level $ 1649.25/troy ons di tengah sentimen menguatnya Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY). Pasca adanya janji dari Presiden Trump yang akan mengeluarkan stimulus seperti pengurangan pajak upah. Dan menaikan nilai upah untuk melindungi ekonomi dari dampak virus Korona.

Selain itu, rencana stimulus moneter serta kebijakan terbaru dari beberapa negara ekonomi maju dunia. Seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris dan Australia dalam mengatasi krisis yang disebabkan oleh virus Korona.  Berpeluang memicu permintaan terhadap aset berisiko dalam jangka pendek.

Seorang analis pasar di salah satu broker internasional mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat telah umumkan langkah-langkah stimulus fiskal. Hal tersebut termasuk salah satu sentiment negative terhadap asset safe haven seperti emas.

Disisi lain, Presiden China Xi Jinping, Selasa (10/Mar) mengunjungi kota Wuhan. Ini adalah kunjungan pertamanya sejak kawasan itu menjadi pusat perebakan wabah virus corona. Yang telah menjangkiti lebih dari 80 ribu orang dan menewaskan 3.100 orang di China. Sebagian dari respons China terhadap wabah virus ini adalah menutup wilayah-wilayah yang luas dalam upaya mencegah virus menyebar. Pada pertemuan-pertemuan besar, atau di antara para wisatawan yang bepergian ke daerah lain di negara itu.

Fokus pelaku pasar masih pada dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi, yang menyebabkan bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga. Meski data tenaga kerja Amerika Serikat membaik, diperkirakan tidak akan berpengaruh pada FOMC meeting tanggal 18-19 nanti. Sebagian analis malah memperkirakan The Fed akan memotong suku bunga lagi.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Sentimen-sentimen global pada pekan ini :

  • Beberapa pembuat kebijakan dan pimpinan negara utama berusaha membatasi implikasi negatif dari virus COVID-19. Dengan umumkan langkah2 stimulus seperti yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Trump, PM shinzo Abe dan juga Bank sentral Eropa (ECB)
  • ECB akan mengumumkan kebijakan moneternya yang diperkirakan akan memangkas suku bunganya. dan ini akan mempengaruhi pergerakan mata uang Euro selanjutnya.
  • PDB inggris bulan Februari yang akan dirilis diperkirakan menunjukkan data yang lebih rendah. Dan ini memberikan sentimen negatif bagi pergerakan poundsterling pekan ini. Selain keraguan baru para diplomat UE pada batas waktu Brexit bulan Desember 2020.
  • EIA akan umumkan laporan pasokan minyak mentah Amerika Serikat pekan terakhir. Yang berdampak pada pergerakan harga minyak mentah yang sebelumnya telah membuat crash pasar global
  • Biro Statistik Amerika Serikat akan merilis data CPI dan PPI bulan Februari. Yang diperkirakan menunjukkan data yang kurang optimis, dan akan mempengaruhi pergerakan dollar Amerika Serikat

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat ini sedang menguji kembali reistance 1 $ 1683/troy ons. Sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $ 1655/troy ons. Maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $ 1642/troy ons.

Fokus pelaku pasar masih pada dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi, yang menyebabkan bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga. Meski data tenaga kerja Amerika Serikat membaik, diperkirakan tidak akan berpengaruh pada FOMC meeting tanggal 18-19 nanti.

Sebagian analis malah memperkirakan The Fed akan memotong suku bunga lagi. Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1655 – $ 1683/troy ons. Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1685. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1697 sebagai level tertinggi 2013.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1655/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1642/troy ons dan support 3 $ 1628/troy ons .
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2018 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*