SOLID GOLD BERJANGKA | TERTINGGI 8 TAHUN TERAKHIR

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MENJADI PRIMADONA DIPASAR KOMODITAS, NAIK MEMECAHKAN REKOR TERTINGGI 8 TAHUN TERAKHIR

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas masih tetap menjadi primadona dipasar komoditas dengan melanjutkan kenaikan ke 4 hari berturut turut. Dimana mencapai level tertinggi 8 tahun terakhir disesi perdagangan pada hari selasa (14/Apr). Ke level $ 1747.75/troy ons atau sebagai harga tertinggi baru di tahun 2020 ini.

Harga emas menguat dan memecahkan rekor tertinggi 8 tahun terakhir sehubungan dengan minat terhadap aset berisiko kembali pudar. Karena kepanikan para investor akan ketidakpastian ekonomi jangka panjang akibat penyebaran virus Corona. Beberapa pelemahan dalam Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) dan pasar saham juga memberikan dorongan untuk penguatan harga emas.

Inflasi dalam perekonomian cenderung mendukung bullish emas. Dalam hal ini, emas akan menjadi asset yang penyimpan nilai favorit dalam menghadapi sentiment global saat ini.

Selain minat terhadap asset berisiko yang turun, stimulus moneter dari berbagai bank sentral (khususnya The Fed) turut menjadi pendorong terhadap kenaikan harga emas. The Fed minggu lalu telah mengumumkan tambahan paket stimulus senilai $ 2.3 triliun untuk membantu perekonomian yang terdampak. Bagaimana tidak, krisis akibat virus ini sudah menciptakan sedikitnya 16.8 juta pengangguran di Amerika Serikat.

Harga emas cenderung mendapat keuntungan dari langkah-langkah stimulus luas dari bank sentral. Karena sering dipandang sebagai tempat berlindung terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Suku bunga yang lebih rendah juga memangkas biaya peluang memegang non-yield bullion.

Analisa Fundamental

Menurut analisa fundamental, Harga emas dapat melanjutkan penguatan dalam jangka pendek. Di tengah meningkatnya permintaan aset safe haven emas. Karena kekhawatiran para pelaku pasar terhadap dampak ekonomi dari pandemi virus korona. Dan inflasi serta nilai mata uang yang lebih rendah.

Disisi lain, sentiment positif pendorong penguatan harga emas yaitu hasil keputusan stimulus tambahan The Fed yang diumumkan pada hari kamis (09/Apr) pekan lalu, yang berpotensi menopang kenaikan harga emas menguji resisten 1700. The Fed mengumumkan langkah-langkah baru untuk menyediakan hingga $ 2,3 triliun dalam bentuk pinjaman untuk keluarga dan perusahaan.

Minggu ini, emas diperkirakan masih akan menguat, menyusul perkiraan beberapa data fundamental penting dari Amerika Serikat dan China yang masih suram. GDP China kuartal pertama tahun ini diperkirakan mengalami kontraksi hingga 6 %, sementara penjualan ritel Amerika Serikat bulan Maret diperkirakan turun hingga 8 %.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan menuju level psikologis $ 1800/troy ons jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level
$ 1686/troy ons.

Untuk pekan ini, pergerakan harga emas masih akan dipengaruhi oleh perkembangan Covid-19. Untuk data penting dari Amerika Serikat dan China yang masih suram. GDP China kuartal pertama tahun ini diperkirakan mengalami kontraksi hingga 6 %, sementara penjualan ritel Amerika Serikat bulan Maret diperkirakan turun hingga 8 %.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1756 – $ 1700/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1743/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1756/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1714/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1700/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*