SOLID GOLD BERJANGKA | VAKSIN COVID-19 TERBARU

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MELEMAH, WHO KABARKAN PERKEMBANGAN VAKSIN COVID-19 TERBARU

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mengalami penurunan tajam di sesi perdagangan Eropa pada hari Selasa (26/May) turun hingga -1.05 % ke level terendah 2 pekan terakhir $ 1708.50/troy ons. Hal ini, terjadi setelah optimism pelaku pasar terhadap kabar dari WHO tentang perkembangan vaksin corona baru.

WHO mengabarkan perkembangan vaksin Korona yang diuji cobakan kepada 45 pasien, telah membentuk antibodi untuk virus Covid-19, memicu harapan vaksin dapat segera dikembangkan, dan menopang pemulihan ekonomi global lebih cepat dari yang diprediksikan sebelumnya.

Saat ini, Investor berfokus pada tanda-tanda kebangkitan ekonomi global serta berita tentang penghapusan bertahap pembatasan ekonomi terkait dengan COVID-19 dan tanda-tanda bahwa orang Amerika mulai merasa cukup aman untuk bepergian dan berkumpul dalam kelompok yang lebih besar.

Selain itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan rencana untuk putaran stimulus lain dan mengatakan total bantuan dari dua paket akan melebihi ¥ 200 triliun ($ 1,86 triliun). Seperti yang diinginkan pasar keuangan akhir-akhir ini, bahkan berita paling tipis dari COVID-19 memicu respons kekebalan naik dan gelombang lain dari perdagangan virus-puncak,” kata Jeffrey Halley, analis pasar senior, Asia Pasifik, OANDA, dalam catatan untuk klien.

Disisi lain, RUU Keamanan Hong Kong sudah disetujui oleh parlemen Tiongkok, dan akan segera menjadi undang-undang baru, memicu kemarahan dan aksi demo buruh Hong Kong yang di jadwalkan hari ini. Aksi demo massa tahun lalu telah menjadi sorotan dunia dan campur tangan pemerintah Amerika Serikat yang mencoba mengintervensi aturan-aturan dari Tiongkok di Hong Kong berpotensi meningkatkan ketegangan kedua negara. Walau hari ini minat beli pasar terhadap saham-saham dan asset berisiko masih meningkat, kekhawatiran demo buruh hari ini dan meningkatnya ketegangan Amerika Serikat – Tiongkok berpotensi mengangkat pergerakan harga emas kembali menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi menguat dalam jangka pendek seiring kembali meningkatnya ketegangan isu geopolitik global sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi global selain pandemic Covid-19.

Ketegangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan Cina membuat harga emas naik. Kenaikan harga bullion akibat kenaikan tensi geopolitik sebenarnya membuat harga emas berpotensi mencapai level US $ 1.800/troy ons Kalender ekonomi Amerika Serikat yang akan keluar diantaranya beberapa angka perumahan yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan yang substansial pada bulan April. GDP untuk kuartal pertama pada hari Kamis diperkirakan akan turun 4.8 % karena penurunan konsumsi yang tajam.

Selain itu, Order “durable goods” untuk bulan April akan memberikan pandangan mengenai investasi di kuartal kedua. Klaim pengangguran mingguan diperkirakan masih akan tetap dalam jumlah jutaan. Pada hari Jumat yang merupakan hari perdagangan terakhir untuk bulan Mei akan ada Personal Consumption Expenditure inti yang diperkirakan akan turun dibawah 1 %.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas masih berada dalam up trend (bullish) dari pertengahan bulan maret 2020 hingga saat ini. Harga emas masih dapat melanjutkan penguatan dalam jangka panjang dan dapat berpotensi menguat mencapai level tertinggi pada tahun 2020 di level $1795.90/troy ons bahkan ke level $1800/troy ons.

Fokus para investor tertuju pada perkembangan vaksin corona virus yang telah di uji coba dan isu geopolitik yang semakin meluas saat ini, baik Antara Amerika Serikat dengan China dan Australia serta perancangan UU keamanan di Hong Kong dimana Amerika Serikat ikut campur dalam hal tersebut.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1736 – $ 1690/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1719/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $1727/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1705/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1698/troy ons dan support 3 $ 1690/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2111 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*