Cara Berhemat Yang Tak Bikin Frustasi – Solid Gold

SOLID GOLD JAKARTA – Berhemat dan menabung memang sangat berat dilakukan, terutama bagi anda yang tidak terbiasa dan baru mau  menabung saat ini, bisa – bisa keinginan berhemat atau menabung malah bikin frustasi diri sendiri.

Kebiasaan saat punya uang terkadang bisa membuat lupa pada tujuan awal, yang ada justru tergoda untuk belanja dan membeli hal – hal yang tidak terlalu penting, sehingga menghambat lagi keinginan untuk berhemat dan menabung.

Tapi, jika hal ini terus – terusan berlangsung dan tidak dilakukan sekarang juga, maka uang yang ada di dalam tabungan pastinya tak akan bertambah. Bahkan bisa jadi akan habis karena terpakai.

Ya, meskipun menabung dan berhemat itu sulit, bahkan mungkin bisa membuat anda frustasi, sebenarnya ada beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa anda perbuat, seperti berikut ini :

1. Gunakan hanya satu kartu kredit atau uang tunai

Jika anda pengguna kartu kredit dan rutin mendapatkan tagihan bulanan, cobalah untuk menyimpan tagihan selama beberapa bulan dan lihat berapa banyak utang dan cicilan yang perlu anda bayar, jika tagihan yang harus dibayar nilainya selalu bertambah bukannya berkurang, berarti anda termasuk penggila belanja.

Sebaiknya mulai ubah kebiasaan, usahakan hanya menggunakan satu kartu kredit, dan cara ini setidaknya bisa mengerem kebiasaan belanja anda yang tidak terkontrol. Dan jika mungkin hubungi bank atau perusahaan kartu kredit yang anda gunakan.

Mintalah buat pembelanjaan bulanan yang paling minimal, sehingga lama kelamaan anda akan terbiasa dan mengontrol kebiasaan belanja yang berlebih, atau jika ingin lebih mengontrol pengeluaran gunakan cara tradisional dengan selalu menggunakan uang tunai dan hanya memakai kartu kredit di saat mendesak.

2. Biasakan makan di rumah sebelum keluar

Ini salah satu trik yang terkenal, khususnya jika ingin pergi keluar rumah di malam hari atau ada pertemuan, biasakan untuk makan terlebih dahulu di rumah.

Cara ini biasanya akan menghemat banyak pengeluaran. Jadi anda tetap bisa mengikuti kegiatan di luar, namun juga bisa menghemat dengan tidak selalu jajan di luar.

Mungkin sesekali tak masalah, tapi jika anda orang yang sibuk dan punya banyak acara setiap harinya, bayangkan jika setiap ada acara, anda harus mengeluarkan juga uang untuk membayar makan apalagi di restoran, maka ini adalah pemborosan.

Jika bisa melakukan ini, anda akan terkejut berapa banyak uang yang bisa anda simpan dengan memilih jarang makan malam mahal di luar rumah.

3. Carilah penawaran dan diskon

Jadilah orang yang cerdas ketika berbelanja atau makan. Misalnya ingin berbelanja kebutuhan seperti tas, pakaian atau baju, jangan langsung belanja di satu toko yang dilihat, sebaiknya cari perbedaan harga, biasanya satu toko harganya bisa berbeda dengan toko yang satunya.

Atau anda bisa membuat pilihan lain seperti membeli di toko online yang juga menawarkan tas atau sepatu yang lebih murah daripada di toko fisik.

Begitu juga saat ingin sesekali makan di luar, jangan gengsi untuk cari tahu harganya, beberapa restoran terkadang menawarkan diskon untuk beberapa jenis makanan. Jangan sampai uang habis karena membeli makanan yang harganya tak sesuai dengan kantong anda.

4. Jangan membeli di saat itu juga

Apakah anda benar – benar membutuhkan mobil baru atau ada sesuatu lebih penting yang mendesak ingin dibeli? Hanya karena  nda menginginkannya, tidak berarti  anda harus membelinya saat itu juga.

Prioritaskan kebutuhan dan menyimpan pada hal – hal yang anda mampu untuk berhemat. Bila mobil yang lama masih bagus dan layak, sebaiknya tunda untuk membelinya, simpan saja uangnya,  ini justru akan menguntungkan dan anda pun bisa menghemat lebih banyak uang.

Atau ingin beli barang seperti sepatu, tas, dan yang lainnya sebaiknya pikirkan dulu dan jangan langsung membeli. Jika anda berpikir semalam, biasanya anda akan dapat berpikir rasional apakah barang yang akan dibeli tersebut perlu atau tidak untuk anda.

5. Kebiasaan anda

Cari tahu biasanya uang anda paling sering dihabiskan untuk apa dan temukan cara mengatasinya. Jika anda menghabiskan banyak uang pada belanja, berjanjilah untuk mencatat dan memilah kebutuhan belanja, buatlah daftar sebelum belanja.

Jadi anda hanya membeli sesuai yang dibutuhkan bukan hanya belanja karena keinginan sesaat. Atau jika anda menghabiskan terlalu banyak uang karena sering makan di luar, sebaiknya ubah kebiasaan.

Coba cari cara untuk mengatasinya, seperti mengganti kebiasaan dengan memasak makanan sendiri dan membawa bekal saat ke kantor. Cara ini selain lebih hemat tentu saja lebih sehat, karena anda pun tahu proses masak dan bahan yang digunakan – SOLID GOLD

Sumber : bisnis.liputan6