SOLID GOLD | EMAS MAMPU MEMPERTAHANKAN PENGUATAN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MASIH MAMPU MEMPERTAHANKAN PENGUATAN DIATAS LEVEL PSIKOLOGIS $ 1800/TROY ONS

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu, harga emas cenderung bergerak dengan volatilitas tinggi. Dengan range pergerakan di level $ 1789.65 – $ 1825.00/troy ons. Secara point-to-point harga emas melemah 0,53 %, namun dalam sebulan terakhir. Emas masih membukukan kenaikan 1,82 % dan konsisten tutup diatas level psikologis $ 1800/troy ons.

Walaupun pergerakan harga emas masih dalam ketidakpastian, namun masih banyak yang memandang positif terhadap komoditas ini. Khususnya dengan kondisi ekonomi dan pasar finansial global saat ini. Lonjakan kasus virus corona (Covid-19) secara global membuat prospek pertumbuhan ekonomi semakin meredup lagi.

Amerika Serikat juga mengalami lonjakan kasus Covid-19. Dan juga menunjukkan pengajuan klaim tunjangan pengangguran naik ke level tertinggi dalam dua bulan terakhir.

Kenaikan yang sedikit mengejutkan pelaku pasar. Alhasil, imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Amerika Serikat (Treasury) kembali turun. Ketika yield Treasury turun, artinya pelaku pasar kurang optimistis menatap perekonomian, dan lebih memilih bermain aman.

Penurunan yield tersebut dan riil return yang negatif akan menguntungkan bagi emas. Suku bunga negatif cukup dalam, yang menunjukkan inflasi tinggi sementara suku bunga rendah. Dan tidak mungkin The Fed (bank sentral Amerika Serikat) akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat. Jadi investor seharusnya sadar perlu memiliki emas.

Edward Moya, analis pasar dari OANDA, yang melihat kebijakan suku bunga rendah The Fed. Dan bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) akan berdampak positif bagi emas dalam jangka panjang.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, bangkitnya kembali virus adalah salah satu pertimbangan kritikal di dalam pertemuan Federal Reserve. Yang merupakan event utama Amerika Serikat pada hari Rabu minggu ini. Dengan naiknya kembali virus Covid dengan varian baru Delta. Kemungkinan the Fed akan mengirimkan pesan yang lebih dovish, yang mendukung pasar dan membebani dollar Amerika Serikat. Jerome Powell, kepala the Fed sudah mengambil sikap seperti ini pada testimoninya di awal bulan Juli. Sementara dia berkata bahwa inflasi telah mencapai ketinggian yang tidak menyenangkan, Powell kelihatannya tidak dalam keadaan terburu-buru untuk menarik stimulus.

Terlepas dari keputusan the Fed, data ekonomi Amerika Serikat yang akan keluar pada minggu ini adalah Durable Goods Order. Untuk bulan Juni yang diperkirakan akan menunjukkan peningkatan di dalam investasi dan angka ini akan membentuk ekspektasi angka GDP yang akan keluar pada hari Kamis.

Selain itu, Core Personal Consumption Expenditure (Core PCE). Yang menjadi alat ukuran inflasi dari the Fed kemungkinan meningkat pada bulan Juni melampaui 3.4 % YoY yang muncul pada bulan Mei.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga emas akan menguji titik support di $ 1.795/troy ons. Jika itu tertembus, maka harga bisa longsor ke $ 1.785/troy ons. Namun, bukan berarti tidak ada peluang harga emas bakal naik. Level resistance yang bakal diuji ada di kisaran $ 1.809 -1815. “Bahkan bisa saja hingga ke rentang $ 1.897 – 1.988/troy ons.

Minggu ini, dalam survei emas Kitco News. Analis Wall Street 13 % memperkirakan harga emas bullish, 60 % yang memperkirakan bearish, dan 27% netral (sideways). Sementara itu, analis Main Street 55 % memperkirakan harga emas bullish, 26 %, memperkirakan bearish dan 19 % netral (sideways).

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1825/troy ons.

Sebaliknya jika emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons. Maka dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1784/troy ons dan support 3 $ 1776/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta – Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2235 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*