SOLID GOLD | EMAS MASIH MEMPERTAHANKAN PENGUATAN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MASIH MEMPERTAHANKAN PENGUATAN MESKIPUN EKONOMI AMERIKA SERIKAT MEMBAIK

SOLID GOLD JAKARTA – Di sepanjang pekan lalu, harga emas mayoritas mengalami pelamahan ke level $ 1720.70/troy ons atau melemah sebesar -0.70 % daripada minggu sebelumnya. Namun, di sesi penutupan perdagangan pada hari Jumat (26/Maret) harga emas sedikit memangkas pelamahan dan tutup pada level $ 1731.20/troy ons.

Penyebab utama melempemnya harga emas adalah kenaikan yield obligasi (Treasury) Amerika Serikat hingga ke level tertinggi sejak Januari 2020. Yield Treasury tenor 10 tahun saat ini berada di level 1,63 %, dan pada pekan lalu sempat menyentuh 1.75 %.

Capital Economics sebagaimana dilansir Kitco Kamis (26/Maret/2021) kini memprediksi yield Treasury tenor 10 tahun bisa mencapai 2,25 % hingga 2,5 % di akhir tahun ini. Jika itu terjadi, harga emas akan merosot tajam. Kenaikan yield mempengaruhi emas lewat dua hal.

Pertama adalah opportunity cost dan kedua adalah naiknya yield memberikan momentum bagi dollar Amerika Serikat untuk terus menguat. Ini bakal menjadi pukulan ganda bagi emas.

Disisi lain, dalam data GDP Final yang dirilis, ekonomi Amerika Serikat dilaporkan berekspansi 4.3 % pada kuartal keempat 2020. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan data preliminer yang mencatat pertumbuhan 4.1 %. Meski demikian, pertumbuhan GDP Amerika Serikat yang terbaru ini belum dapat menandingi lonjakan 33.4 % di kuartal sebelumnya. Namun, berdasarkan hasil survei Dow Jones dan Wall Street Journal, para ekonom memprediksi GDP Amerika Serikat akan melesat 4.9 % di kuartal pertama tahun ini, dan 7 % di pertengahan tahun.

ANALISA FUNDAMENTAL

Pekan ini, sentimen terkait gelombang serangan ketiga (third wave outbreak) pandemi Covid-19 masih menjadi perhatian pelaku pasar, baik di dalam negeri maupun di global. Dinamika ini membuat pelaku pasar mencemaskan prospek pemulihan ekonomi dunia.

Di Amerika Serikat, Kampanye vaksin di Amerika Serikat sedang mengejar 50 % dari populasi pada pertengahan bulan Mei setelah mencapai 25 % pada akhir bulan Maret. Setiap percepatan akan positip bagi dollar Amerika Serikat, sementara itu setiap gangguan akan bisa membebani dollar Amerika Serikat.

Disisi lain, fokus pasar ke laporan NFP Amerika Serikat untuk bulan Maret. Para ekonom memperkirakan meningkatnya perekrutan karyawan sampai menjadi 500k setelah pada bulan Februari mencapai 379k. The Fed ingin melihat 9.5 juta orang yang menganggur segera kembali bekerja.

Laporan pekerjaan dari ADP untuk bulan Maret, diperkirakan akan lompat ke 400k dan akan menjadi pertanda kearah NFP dan akan membentuk ekspektasi. Sementara, angka PMI manufaktur dari ISM juga akan menjadi pertanda kearah NFP dan kemungkinan akan menunjukkan naiknya aktifitas sektor industri Amerika Serikat. Meskipun demikian kurangnya likuiditas bisa berdampak yang lebih besar terhadap reaksi pasar sehubungan dengan NFP dirilis pada saat liburan Good Friday.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Credit Suisse adalah bank terbaru yang menurunkan perkiraan emasnya. Bank tersebut sekarang memperkirakan harga emas rata-rata tahun ini sekitar
$ 1.900/troy ons, turun dari perkiraan sebelumnya $ 2.100.

Mereka juga melihat harga emas yang lebih rendah pada tahun 2022, dengan rata-rata emas sekitar $ 2.100 tahun depan, turun dari perkiraan sebelumnya sebesar $ 2.300/troy ons.

Meskipun beberapa analis melihat risiko jangka pendek lebih lanjut untuk emas. Namun, mereka memperingatkan bahwa aksi jual di pasar obligasi sudah berlebihan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1769/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1789/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1730/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1709/troy ons dan support 3 $ 1698/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta/Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2197 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*