SOLID GOLD | EMAS MEMPERTAHANKAN RELI PENGUATAN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MEMPERTAHANKAN RELI PENGUATAN DAN MENUNJUKKAN POTENSI PENGUATAN KE LEVEL $ 1900

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu harga emas menjadi primadona dipasar global dan membukukan penguatan sebesar 2.07 %. Atau mencapai level $ 1890.05/troy ons sebelum tutup di level $ 1879.00/troy ons. Disesi penutupan perdagangan pada hari jumat (21/Mei).

Setelah aksi jual yang massif di dunia crypto. Daya tarik emas kembali muncul di dalam radar banyak investor termasuk institusi uang yang baru. Setelah bulan April yang bagus, pada bulan Mei ini, emas sedang berada pada tepi puncak dimana akan diperdagangkan naik secara signifikan. Pada penutupan perdagangan hari Jumat yang lalu, emas diperdagangkan di range $ 1870 – $ 1890/troy ons.

Kenaikan di atas level $ 1,900 akan terjadi dalam waktu tidak lama lagi.

Sementara itu, Wacana tapering pembelian aset yang sempat disinggung dalam notulen FOMC tampaknya mulai diabaikan oleh para pelaku pasar. Para pembuat kebijakan The Fed berfokus pada masalah inflasi dan pemulihan ekonomi Amerika Serikat. Meskipun mereka menegaskan komitmen pada suku bunga rendah, sejumlah anggota sempat menyinggung pembicaraan tentang tapering mengingat kuatnya pemulihan ekonomi Amerika Serikat.

Namun demikian, pernyataan tersebut diutarakan sebelum data ketenagakerjaan Amerika Serikat yang dilaporkan mengecewakan. Oleh karena itu, pasar mencerna kembali isi notulen rapat The Fed dan melakukan sejumlah penyesuaian. Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) terseret turun oleh pelemahan yield obligasi, sehingga memberikan ruang bagi harga emas untuk kembali menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Dari data makro ekonomi, minggu ini para ekonom memperkirakan update angka GDP Amerika Serikat untuk kuartal pertama, diupgrade ke 6.5 % per tahun, suatu kecepatan pertumbuhan yang kuat. Pada hari Kamis, rilis dari data Durable Goods Orders Amerika Serikat untuk bulan Aprilbisa menutupi GDP, khususnya jika angkanya berdeviasisubstansial dari yang diperkirakan.

Diperkirakan ada kenaikan yang moderat. Hari Jumat akan dirilis Fed’s preferred gauge of inflation – the Core Personal Consumption Expenditure (Core PCE). Untuk pertama kalinya sejak tahun 2019, angka ini melewati 2 % per tahun, menyentuh 2.4%. Apabila naik lebih jauh bisa mendorong naik dollar Amerika Serikat, sementara apabila turun akan mendorong turun Indeks Dollar Amerika Serikat.

Dengan level $ 1,900 berada di horizon, pasar kemungkinan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat level $ 1,900 ditembus. Outlook emas adalah bullish untuk jangka pendek dan
menengah.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, harga emas saat ini sudah mulai bergerak di atas rata-rata harga 100 hariannya (EMA100) dan menjadi sinyal positif (bullish) jika pergerakan harga berlanjut, maka emas berpotensi untuk mencapai level psikologis $ 1900/troy ons. Untuk sementara waktu harga emas memang bisa mengalami koreksi sehat.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1893/troy ons. Maka
emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1905/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1871/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1860/troy ons dan support 3
$ 1847/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2233 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*