SOLID GOLD | EMAS SIDEWAYS DITENGAH KETIDAKPASTIAN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS SIDEWAYS DITENGAH KETIDAKPASTIAN PROYEKSI PERTUMBUHAN EKONOMI AMERIKA SERIKAT DARI THE FED

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu harga emas bergerak sideways di range $ 1770 – $ 1790/troy ons. Ditengah ketidakpastian pernyataan dari Ketua Bank Central As (The Fed) ‘Jerome Powell’ dengan anggota The Fed. Terhadap kebijakan proyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat baik itu inflasi, perkiraan kenaikan sukubu bunga acuan dan tapering.

Belakangan ini terjadi kebingungan pasar mengenai kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (The Fed). Memberikan proyeksi suku bunga akan naik dua kali di tahun 2023, bahkan ada kemungkinan naik di tahun 2022. Tetapi, ketua The Fed Jerome Powell mengatakan tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga. Hanya karena inflasi yang sedang tinggi saat ini.

Sementara itu, dua pejabat teras bank sentral Amerika Serikat (The Fed). Raphael Bostic (Presiden The Fed Atlanta) dan Michelle Bowman (Anggota Dewan Gubernur The Fed). Menyatakan tekanan inflasi boleh saja cuma sementara. Namun dampaknya akan terasa dalam waktu lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Pernyataan keduanya kembali memunculkan spekulasi The Fed akan melakukan tapering atau pengurangan nilai pembelian aset (QE) dalam waktu dekat.

Disisi lain rilis data indeks belanja konsumsi pribadi (Personal Consumption Expenditures/PCE). Dilaporkan di angka 3,4 % (secara tahunan) pada Mei, atau sesuai dengan ekspektasi ekonom dalam polling Dow Jones. Itu merupakan laju tercepat sejak tahun 1990.

Secara bulanan, indeks yang memberi gambaran prospek inflasi karena menangkap perubahan harga barang dan jasa. Di kalangan konsumen ini bertambah 0,5 % atau sedikit di bawah ekspektasi ekonomi di level 0,6 %. Ini memberi dukungan bagi The Fed bahwa inflasi hanya bersifat sementara, sehingga harga emas pun susah menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Fokus para pelaku pasar pekan ini tertuju pada laporan rilis data Amerika Serikat. Akan memulai dengan mempublikasikan Consumer Confidence CB pada hari Selasa. Sementara itu PMI manufaktur Amerika Serikat dari ISM kemungkinan akan menonjol pada minggu ini. Menjelang Nonfarm Payrolss yang kritikal yang akan dirilis pada hari Jumat. PMI manufaktur Amerika Serikat dari ISM diperkirakan akan turun ke 61.0 pada bulan Juni. Versus 61.2 yang dibukukan pada bulan Mei.

Sementara itu, laporan Non-farm Payrolls diperkirakan akan menunjukkan bahwa ekonomi Amerika Serikat. Menambah 600.000 pekerjaan pada bulan Juni dibandingkan dengan penambahan 559.000 pekerjaan pada bulan Mei. Tingkat pengangguran diperkirakan akan turun ke 5.7 % dibandingkan dengan angka bulan lalu di 5.8 %.

Disisi lain, pasar juga bakal memantau nasib stimulus infrastruktur stimulus senilai US $ 1 triliun. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bahwa. Gedung Putih bakal meneken kesepakatan infrastruktur dengan senator bipartisan-sebutan untuk politisi yang duduk semeja meski beda partai.

ANALISA TEKNIKAL

Tekanan bagi emas terlihat masih belum akan berakhir pada pekan ini. Harga emas saat ini bergerak diantara level fibonacci 38.2 % – 50 % ( $ 1768 – $ 1796/troy ons). Jika salah satu dari level fibonacci tersebut tembus secara konsisten, maka harga emas dapat melanjutkan pergerakan level berikutnya.

Semntara itu, Kemungkinan rata-rata harga emas di kuartal ketiga tahun ini adalah di sekitar level $ 1,790/troy ons. Baru setelah itu beranjak naik lagi. Setiap data ekonomi yang keluar yang menyebabkan the Fed. Tidak bisa mengambil tindakan yang keras dari sisi yang hawkish untuk menurunkan inflasi adalah
bullish bagi emas.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1784/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1796/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1761/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1750/troy ons. Dan support 3 $ 1741/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2273 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*