SOLID GOLD | HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – STIMULUS AMERIKA SERIKAT AKAN DIPUTUSKAN PEKAN INI, HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas turun tipis diakhir sesi penutupan perdagangan pada hari Jumat (04/Desember) turun sebesar 0.12 % ke level $ 1828.90/troy ons seiring penambahan lapangan kerja pada November yang mencapai 440k, atau sejalan dengan ekspektasi yang memperkirakan. Angka pengangguran berada di level 6,7 % membaik dari posisi Oktober 6,9 %.

Akan tetatpi, harga emas membatasi penurunan ditengah kembali bergulirnya perbincangan terkait stimulus fiskal jumbo di Amerika Serikat membuat dollar Amerika Serikat tertekan dan harga emas terangkat. Stimulus menjadi faktor kunci yang menggerakkan harga emas.

Sentimen utama apresiasi emas di arena spot datang dari Juru bicara kamar House of Representative Amerika Serikat, Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steve Mnuchin dijadwalkan akan bertemu kembali untuk membahas mengenai paket stimulus fiskal yang dikabarkan akan mencapai angka sejumlah US $ 908 miliar yang akan disalurkan ke sektor-sektor yang terdampak pandemi virus corona seperti bisnis-bisnis kecil dan para pengangguran.

Stimulus jumbo yang akan diperbincangkan Mnuchin dan Pelosi tentunya merupakan kabar baik bagi emas. Apabila nantinya stimulus jumbo ini cair maka peredaran Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) akan naik sehingga nilainya akan turun. Keputusan stimulus harus cepat, karena tenggat waktu pengesahan anggaran tahun fiskal 2021 adalah 11 Desember 2020.

Meskipun demikian sejatinya kenaikan harga emas tertahan akibat berita positif vaksin Covid-19 yang datang bertubi-tubi di sepanjang pekan lalu dimana raksasa di sektor farmasi Pfizer dan Moderna dikabarkan sudah semakin dekat dalam mendapatkan ijin edar dari Uni-Eropa untuk kedua vaksin tersebut. European Medicine Agency mengatakan siap menyelesaikan hasil penilaian mereka terhadap kedua perusahaan masing-masing pada tanggal 29 Desember dan 12 Januari.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS

Menurut analisa fundamental, Ketua House of Representatives (salah satu dari dua kamar yang membentuk kongres) Nancy Pelosi mengatakan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan mengkaji proposal yang diajukan kubu Partai Demokrat. Salah satunya adalah pemberian vaksin anti-virus corona harus gratis dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

Pelosi dan Pemimpin Partai Minoritas di Senat, Chuck Schumer mendukung paket stimulus fiskal senilai US $ 908 miliar. Ini siap digolkan oleh kedua partai politik mayoritas di Amerika Serikat untuk menyokong bisnis kecil dan pengangguran di Amerika Serikat. Keputusan stimulus harus cepat, karena tenggat waktu pengesahan anggaran tahun fiskal 2021 adalah 11 Desember 2020.

Selain itu, bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) yang akan mengumumkan kebijakan moneter pada Kamis 17 Desember dini hari WIB. Ada peluang The Fed akan menambah stimulus moneternya dengan meningkatkan nilai pembelian aset (quantitative easing/QE). Saat stimulus fiskal atau moneter tersebut cair, maka jumlah uang yang beredar tentunya akan semakin banyak, secara teori Indeks dolar Amerika Serikat (DXY) akan melemah.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, analis masih memandang positif emas lantaran narasi dan fundamental bullion belum berubah. Dalam prospek 2021, analis di perusahaan riset Inggris Metals Focus mengatakan mereka memperkirakan harga emas akan terdorong ke US $ 2.300/troy ons tahun depan. Para analis di Metals Focus mengatakan bahwa pasar emas akan terus mendapatkan keuntungan dari langkah-langkah stimulus lebih lanjut, imbal hasil obligasi yang rendah, dan tekanan inflasi yang meningkat.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1811/troy ons dan support 3 $1800/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2234 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*