SOLID GOLD | HARGA EMAS TERTEKAN TAJAM

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – RILIS MAKRO EKONOMI MEMBAIK DITENGAH SENTIMEN GLOBAL DAN ISU GEOPOLITIK, HARGA EMAS TERTEKAN TAJAM

SOLID GOLD JAKARTA – Di sepanjang pekan lalu, harga emas membukukan penurunan secara berturut-turut ke level terendah 2 bulan terakhir $ 1669.10/troy ons sebelum tutup pada level $ 1684.56/troy ons. Harga penutupan tersebut lebih rendah – 2.56 % dari penutupan minggu sebelumnya.

Depresiasi pergerakan harga emas disebabkan oleh harapan optimisme pulihnya ekonomi global kian terlihat dari berbagai rilis data yang ada. Memasuki bulan Mei, sektor manufaktur negara-negara G20 sudah mulai terlihat membaik walau masih mengalami kontraksi. Peningkatan angka Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur Mei menjadi indikatornya. Semua negara anggota G20 melaporkan adanya peningkatan angka PMI manufaktur.

Bahkan China yang pertama kali mendeklarasikan diri terlepas dari belenggu wabah virus corona sektor manufakturnya sudah terlihat ekspansif tercermin dari angka PMI manufaktur yang sudah berada di atas level 50 pada bulain ini.

Sentimen lain yang juga membuat harga emas terpuruk adalah rilis data penciptaan lapangan pekerjaan (non-farm payrolls) Amerika Serikat yang lebih kuat dari perkiraan untuk periode Mei lalu. Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat mencatat penambahan 2,5 juta lapangan kerja baru pada Mei, sehingga angka pengangguran membaik ke 13,3 %. Angka ini jauh lebih baik dari proyeksi ekonom dalam polling Dow Jones yang menduga ada 8 juta lapangan kerja yang hilang dan angka pengangguran naik menjadi 20 %. Fokus utama pelaku pasar minggu ini adalah keputusan tingkat bunga dari Federal Reserve Amerika Serikat.

Kemungkinan tetap akan mempertahankan tingkat bunga tidak berubah dan menolak tekanan untuk tingkat bunga negatif. Apabila the Fed memberikan outlook ekonomi yang tidak terlalu buruk, hal ini akan membebani dollar Amerika Serikat dan sebaliknya.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi melanjutkan penurunan dalam jangka pendek seiring kembali membaiknya pertumbuhan ekonomi Asditengah sentiment isu geopolitik yang saat ini sedang memanas.

Namun prospek emas untuk jangka panjang masih dinilai positif seiring dengan masih adanya ketidakpastian yang datang dari ancaman gelombang kedua wabah dan ketegangan Washington-Beijing. Sehingga aset safe haven masih akan dimasukkan ke dalam portofolio investor.

Selain itu banjir stimulus yang diberikan oleh pemerintah dan bank sentral global juga menjadi faktor yang membuat investasi di emas menarik lantaran logam mulia ini juga dinilai sebagai aset lindung nilai (hedging) terhadap inflasi dan depresiasi nilai tukar. Fokus utama pelaku pasar minggu ini adalah keputusan tingkat bunga dari Federal Reserve Amerika Serikat.

Kemungkinan tetap akan mempertahankan tingkat bunga tidak berubah dan menolak tekanan untuk tingkat bunga negatif. Apabila the Fed memberikan outlook ekonomi yang tidak terlalu buruk, hal ini akan membebani dollar Amerika Serikat dan sebaliknya.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, trend bullish (up tren) pergerakan harga emas masih belum terpatahkan mulai dari bulan maret 2020. Untuk level support kuncian harga emas berada pada level $ 1650/troy ons. Jika harga emas menembus level support kuncian tersebut, maka harga emas memasuki trend bearish (down tren).

Fokus utama pelaku pasar minggu ini adalah keputusan tingkat bunga dari Federal Reserve Amerika Serikat. Kemungkinan tetap akan mempertahankan tingkat bunga tidak berubah dan menolak tekanan untuk tingkat bunga negatif. Apabila the Fed memberikan outlook ekonomi yang tidak terlalu buruk, hal ini akan membebani dollar Amerika Serikat dan sebaliknya.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1728 – $ 1650/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $1694/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1714/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1674/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $1661/troy ons dan support 3 $1650/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*