Solid Gold | Jangan Malas Bergerak Demi Kesehatan Otak

SOLID GOLD
SOLID GOLD

Jangan Malas Bergerak Demi Kesehatan Otak – Solid Gold

SOLID GOLD JAKARTA – Latihan fisik yang rutin pada usia paruh baya ternyata sangat baik untuk kesehatan otak pada tahun – tahun berikutnya dan mencegah penurunan kemampuan kognitif.

Selama 20 tahun para peneliti di Universitas Melbourne, Australia, mempelajari 387 wanita. Para wanita yang diteliti berusia 45 – 55 tahun dan riset ini sudah dimulai sejak 1992.

Tim peneliti membuat daftar gaya hidup mereka, termasuk latihan fisik dan diet, status perkawinan dan pekerjaan, jumlah anak, suasana hati, aktivitas fisik, serta merokok atau tidak.

Kadar hormon, kolesterol, tinggi dan berat badan, indeks masa tubuh (BMI), dan tekanan darah juga diperiksa hingga sebelas kali selama masa penelitian.

Mereka diminta mempelajari daftar sepuluh kata yang tidak saling berhubungan lalu diminta untuk mengingatnya kembali setengah 1 jam kemudian dalam tes yang disebut Episodic Verbal Memory.

Ketika mendata memori yang hilang selama 20 tahun, aktivitas fisik yang rutin, tekanan darah yang normal, serta kadar kolesterol baik yang tinggi ternyata ikut mempengaruhi daya ingat.

Latihan fisik yang rutin, seperti berjalan-jalan dengan anjing sampai mendaki gunung, menjadi faktor penting untuk mencegah hilangnya memori.

Akumulasi latihan, yang dilihat dari seberapa sering dan banyak orang melakukan aktivitas tersebut, juga ikut mempengaruhi – SOLID GOLD

Sumber : cantik.tempo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*