Solid Gold | Jurus Hemat Uang Bulanan Pengantin Baru

SOLID GOLD
SOLID GOLD

Jurus Hemat Uang Bulanan Pengantin Baru – Solid Gold

SOLID GOLD JAKARTA – Umumnya wanita yang baru menjalani kehidupan berumah tangga akan merasa sedikit kesulitan saat berbelanja, karena kebutuhan yang dibeli bukan lagi bagi dirinya sendiri saja, melainkan juga untuk pasangannya.

Nah, jika keuangan tidak dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin pertengkaran pun tak dapat terhindarkan. Tentu saja, hal ini bisa mengakibatkan ketidak harmonisan rumah tangga.

Siapapun tentu tidak ada yang mau kalau sampai keluarganya berantakan hanya karena masalah uang. Maka menyusun strategi mengelola keuangan dengan baik dan benar sangatlah penting.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut cara menghemat uang bulanan bagi anda yang baru menikah :

1. Berhemat Dengan Empat Amplop / Bulan

Kebutuhan yang diperlukan selama satu bulan bisa dibagi menjadi 4 amplop, dimana masing-masing amplop berisi daftar kebutuhan per minggu. Catatlah jumlah pengeluaran dari minggu ke minggu, lalu masukkan uangnya ke dalam amplop tersebut.

Jika ingin berbelanja, anda bisa mengambil uang yang ada di dalam amplop dan menggunakannya untuk membeli barang yang dibutuhkan. Berhemat dengan sistem empat amplop ini sangat baik untuk mengontrol pengeluaran.

2. Bayar Belanjaan Dengan Uang Tunai

Supermarket dan pusat perbelanjaan memiliki cara unik untuk meningkatkan daya beli konsumen, salah satunya dengan memberikan diskon lewat kartu debit atau kartu kredit.

Kebiasaan menggesek dengan kartu debit atau kredit membuat Anda lebih konsumtif saat berbelanja yang berakibat pada munculnya utang. Jadi sebaiknya bayarlah barang belanjaan Anda dengan uang tunai.

3. Menyimpan Semua Struk Belanja Sebaik Mungkin

Pengeluaran rumah tangga tentu lebih terkontrol jika sang istri melakukan evaluasi rutin terhadap uang yang sudah dibelanjakan. Evaluasi bisa dilakukan dengan menyimpan seluruh struk belanjaan, mulai dari minggu pertama hingga minggu keempat.

Bandingkan jumlah pengeluaran per minggu untuk mengetahui jumlah uang yang dihabiskan, sehingga struk belanja di bulan ini bisa dijadikan pedoman di bulan berikutnya.

4. Perhatikan Kualitas Barang Bukan Mereknya

Membeli produk dari merek ternama tentu akan menaikkan gengsi seseorang, tapi apalah arti sebuah gengsi jika ternyata barang murah memiliki fungsi yang sama dibanding barang mahal tersebut.

Belilah hanya karena barang tersebut memiliki kualitas yang baik, bukan karena barang tersebut bermerek. Jangan hanya karena gengsi, anda jadi teledor dalam mengelola keuangan rumah tangga.

5. Merencanakan Menu Makanan Mingguan

Dalam satu minggu, setidaknya anda harus mempersiapkan 21 menu makanan berbeda untuk disantap setiap hari. Tentukan makanan seperti apa yang diinginkan dan beli bahan makanan untuk satu minggu agar anda tidak perlu sering mampir ke pasar atau supermarket.

Atur penggunaan bahan makanan dengan baik agar porsinya cukup untuk satu minggu. Hindari memasak makanan secara berlebihan sehingga berpotensi terbuang, yang pada akhirnya jatah untuk makanan seminggu jadi tidak sesuai.

6. Jangan Belanja Bersama Orang Lain

Pergi belanja sendirian mampu menghemat pengeluaran sebesar 10 persen dibandingkan berbelanja dengan orang lain. Kenapa? Karena orang yang diajak berbelanja secara tidak langsung bisa memengaruhimu untuk belanja lebih banyak, sehingga pengeluaran jadi tidak terkontrol.

Anda yang tadinya hanya berniat beli satu minyak goreng akhirnya memutuskan untuk beli dua karena berbagai hal seperti sedang diskon beli dua gratis satu dan lainnya. Atau bahkan butuh tempat kongko untuk sekedar ngobrol di kafe seusai belanja.

7. Manfaatkan Diskon Belanja Di Akhir Pekan

Berbelanja di akhir pekan tampaknya lebih seru karena diskon bertebaran di mana-mana. Entah itu diskon buy 1 get 1 atau potongan belanja 50 persen. Manfaatkan momen seperti ini untuk menghemat pengeluaran.

Tapi jangan karena diskon jadi belanja sesuka hati tanpa kontrol yang baik. Belilah barang sesuai yang tercatat pada daftar belanja dan jangan menghiraukan barang yang tidak termasuk dalam daftar tersebut – SOLID GOLD

Sumber : liputan6/bisnis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*