SOLID GOLD | KEMBALI LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TROY ONS

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MASIH SULIT MENEMBUS KEMBALI LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TROY ONS

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu, harga emas sempat reli menguat dan menembus level psikologis $ 1900/troy ons pasca kesepakatan kongres Amerika Serikat untuk menggelontorkan stimulus jilid keduanya. Namun, kenaikan tersebut tidak bertahan lama akibat aksi teaking profit secara luas dari pelaku pasar dan kenaikan dollar Amerika Serikat juga menjadi pukulan bagi harga emas.

Pasar keuangan memang sedang goyang beberapa waktu terakhir akibat adanya varian baru virus Corona yang ditemukan di Inggris. Varian tersebut diberi nama B.1.1.7 dan dikaitkan dengan lonjakan kasus yang sangat signifikan di Inggris. Rumor yang beredar varian baru virus tersebut 70 % lebih menular dari yang ditemukan di awal. Namun penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari studi genomik Inggris masih belum dapat mengambil kesimpulan komprehensif terhadap karakteristik mutan tersebut.

Bahkan STAT News melaporkan bahwa varian baru virus Corona itu juga ditemukan di luar Inggris. Beberapa negara yang teridentifikasi ada varian baru tersebut adalah Belanda, Denmark, Italia, Islandia dan Australia. Apabila varian baru tersebut terbukti lebih menular dan ditemukan di banyak negara sehingga memicu terjadinya lonjakan kasus besar, maka bisa jadi lockdown akan semakin diperketat dan prospek perekonomian ke depan semakin tak cerah.

Dalam jangka pendek ini akan membuat pasar benar-benar goyang jika skala lockdown akan masif. Orang-orang yang sebelumnya menyimpan asetnya dalam berbagai bentuk akan beralih ke uang tunai atau kas. Emas bisa jadi salah satu aset yang dilego. Namun untuk jangka panjang risiko tersebut hanya akan berdampak positif bagi emas. Akan ada inflow uang ke emas sehingga bisa mendongkrak harganya.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa Fundamental, Stimulus Amerika Serikat kembali menemui kendala, kali ini gara-gara Donald Trump menolak menandatangani kesepakatan stimulus yang sudah diteken Kongres. Penolakan Trump kali ini jelas kembali memicu ketidakpastian. Turunnya optimisme terhadap pengesahan UU dana bantuan umumnya
menguatkan Dollar Amerika Serikat, tetapi isu kali ini tidak berdampak.

Pasalnya, pasar secara umum masih optimistis bahwa hal-hal yang dipermasalahkan Trump akan lebih mudah diselesaikan daripada persoalan sebelumnya. Minggu ini data ekonomi akan sangat sedikit, dengan para investor akan memperhatikan CB Consumer Confidence Amerika Serikat pada hari Selasa dan Pending Home Sales Amerika Serikat pada hari Rabu. Para analis juga akan memonitor reaksi pasar terhadap kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa yang akan menjadi berita utama pada hari Kamis.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Para analis tetap positip terhadap metal kuning dengan banyak yang memproyeksikan harga emas akan mengalami rekor ketinggian yang baru pada tahun yang baru 2021. Salah satu level ketinggian yang diperkirakan akan bisa dicapai pada tahun depan adalah $ 2,300. Fokus pada tahun 2021 adalah eksekusi vaksin, meskipun hal ini tidak akan menjadi alasan mengapa emas akan menyentuh ketinggian baru pada tahun depan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1901/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1922/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1861/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1841/troy ons dan support 3 $ 1826/troy ons.
SOLID GOLD

SGB JAKARTA/Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2165 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*