SOLID GOLD | KENAIKAN HARGA EMAS LEBIH TINGGI

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS TURUN TAJAM SEIRING PARA PELAKU PASAR MELAKUKAN AKSI JUAL UNTUK MENGANTISIPASI KENAIKAN HARGA EMAS LEBIH TINGGI

SOLID GOLD JAKARTA – Di sepanjang perdagangan pekan lalu, harga emas melaju pesat hingga nyaris menyentuh level psikologis $ 1700. Seiring dengan anjloknya Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) dan panic selling di pasar saham dunia.

Namun, emas perlahan-lahan mengalami koreksi akibat aksi ambil untung. Di akhir pekan, harga emas turun tajam hingga menyentuh level 1562.00/troy ons, sebelum ditutup pada 1582.25/troy ons. Secara keseluruhan, harga emas mengalami depresiasi sebesar 3.55 % dibandingkan dengan harga penutupan minggu sebelumnya. Persentase
pelemahan mingguan ini adalah yang tertinggi sejak tahun 2013.

Anjloknya Indeks harga saham dan komoditi (terutama minyak) yang begitu cepat. Membuat investor melakukan aksi jual terhadap aset safe haven emas, guna mendapatkan uang cash.

Dilansir dari Bloomberg, banyak pemegang emas fisik dan perhiasan di Amerika Serikat serta Eropa melakukan aksi jual untuk mengantisipasi kenaikan
harga-harga yang luar biasa. Hal ini diperkirakan bisa terjadi akibat mandegnya aktivitas ekonomi sebagai dampak virus corona.

Sebagian analis memperkirakan harga emas masih akan mengalami tekanan jika bearish di pasar saham dan komoditi masih terus berlangsung minggu ini. Sementara sebagian lainnya memperkirakan harga emas akan konsolidasi (bergerak sideways) sebelum kembali bullish.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Para pelaku pasar dan analis, sentimen kenaikan harga emas sebenarnya masih tinggi, didukung oleh:

  • Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di luar China yang sangat cepat.
  • Kejatuhan pasar saham dunia yang menunjukkan sentimen risk aversion dan naiknya pamor aset safe haven.
  • Spekulasi pemotongan suku bunga The Fed pada meeting tanggal 18-19 bulan ini.
  • Data penting minggu ini adalah tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls, upah, pengangguran dan ADP Non Farm). ISM Manufacturing dan Non Manufacturing Amerika Serikat, serta suku bunga RBA dan BoC.

Meski demikian, berita mengenai perkembangan virus corona dan pasar saham masih akan lebih berdampak pada pergerakan harga emas.

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat sedang menguji kembali level psikologis $1600 sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika, harga emas bertahan dibawah level psikologis $1600 maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali.

Data penting minggu ini adalah tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls,
upah, pengangguran dan ADP Non Farm), ISM Manufacturing dan Non Manufacturing Amerika Serikat, serta suku bunga RBA dan BoC. Meski demikian, berita mengenai perkembangan virus corona dan pasar saham masih akan lebih berdampak pada pergerakan harga emas.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di area psikologis $ 1600 Jika harga emas kembali bergerak dibawah level psikologis. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan ke support 1 $1586 dan support 2 $1572/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas kembali menembus level psikologis $ 1600. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 1 $ 1614 dan resistance 2 $ 1628/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*