Lakukan Langkah Berikut Agar Semakin Percaya Diri – Solid Gold

SOLID GOLD JAKARTA – Setiap orang pasti pernah mengalami krisis kepercayaan diri dalam hidupnya. Perasaan minder merupakan kondisi alami yang biasa dihadapi oleh seseorang.

Namun jika perasaan tersebut dibiarkan berlarut – larut, maka akan memunculkan banyak perasaan negatif, seperti kesedihan, kemarahan, dan rendah diri.

Karena itulah saat perasaan minder melanda, perlu disiasati agar kepercayaan diri bertambah. Berikut ini adalah langkah yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri :

1. Ubah cara berpikir anda

Tidak masalah apakah anda percaya pada kekuatan berpikir positif atau tidak, namun monolog yang anda lakukan dengan diri sendiri ternyata bisa mempertebal rasa percaya diri.

Jika anda secara terus – menerus mengatakan pada diri anda bahwa anda bukan orang baik, tidak berharga, jelek, dan bodoh, anda sama saja mensugesti diri sendiri dan meyakini kebenarannya.

Ubahlah cara berpikir tentang diri anda dan masukkan pikiran – pikiran positif dalam otak anda. Hal tersebut sangat membantu menanamkan sifat percaya diri.

2. Tulislah pujian tentang diri anda

Pujian merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sisihkan waktu untuk menulis kalimat – kalimat berisi pujian yang inspratif tentang diri anda di atas sticky notes, kemudian tempelkan di dinding atau di tempat – tempat yang mudah terlihat. Bacalah kalimat – kalimat tersebut sesering mungkin dan yakini kebenarannya.

3. Ucapkan syukur setiap hari

Saat anda bangun tidur setiap pagi, merenunglah sejenak selama kurang lebih 5 menit. Pikirkan dan bersyukurah atas semua yang telah anda miliki, orang – orang yang anda cintai dan mencintai anda, serta kesehatan dan kesempatan yang anda dapatkan.

Dengan melakukan hal kecil tersebut, anda akan menyadari bahwa anda adalah pribadi yang dilimpahi banyak karunia dan berkah. Tidak ada tempat untuk merasa minder.

4. Bergabunglah dengan teman – teman yang positif dan sportif

Jika temana-ateman dan keluarga anda yang sering mengatakan betapa hebat, berbakat, cantik, dan keren diri anda, maka anda sedang mengelilingi diri anda dengan gelombang positif.

Komentar – komentar tersebut membantu anda memasukkan sugesti positif dalam pikiran anda. Jauhilah orang – orang yang sering meremehkan kemampuan anda.

5. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Saat anda membandingkan diri dengan orang lain, anda tidak akan pernah menjadi orang yang puas dengan diri sendiri. Pasti selalu ada orang yang lebih cantik, lebih pintar, atau lebih kaya daripada anda.

Namun anda harus belajar mencintai diri sendiri. Kenali kelebihan dan kekurangan anda lalu carilah cara bagaimana menggunakan kekuatan tersebut untuk meraih kebahagiaan hidup.

6. Lihat sisi positif dalam setiap situasi buruk

Selalu ada solusi dalam setiap masalah. Jika seseorang membuat anda patah hati, pasti dia bukan yang terbaik bagi anda. Jika anda kehilangan pekerjaan, pasti pekerjaan lain yang lebih baik sedang menunggu anda. Bersabar saja dan yakini bahwa semesta sedang mempersiapkan hadiah terbaik bagi anda.

7. Tulislah 3 kelebihan anda setiap hari

Sebelum tidur, sempatkan untuk menulis tiga hal yang anda sukai dari diri anda atau tiga hal baik yang terjadi pada anda pada hari itu.

Dengan cara tersebut, anda sedang memfokuskan memori pada hal – hal positif sebelum tidur dan itu akan meningkatkan mood baik saat anda bangun keesokan harinya – SOLID GOLD

Sumber : lifestyle.liputan6