SOLID GOLD | LEVEL PSIKOLOGIS $ 2.000 /toz

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – BERSIAP! HARGA EMAS BERPOTENSI MENEMBUS KEMBALI LEVEL PSIKOLOGIS $ 2.000/TROY ONS

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas bergerak dengan volatilitas yang cukup tingg pekan lalu. Setelah sempat turun tajam mendekati level psikologis $1.900/troy ons. Diakhir sesi penutupan perdagangan pada hari JumaT (28/Agustus) harga mulai bangkit hingga 1.85% atau mencapai level $1.973.80/troy ons sebelum tutup di level $1.964.50/troy ons seiring pernyataan Powel yang akan membiarkan tingga inflasi diatas 2 %.

Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa ada sebuah langkah pembaruan dalam kebijakan bank sentral. Sekarang ini, The Fed secara resmi menyetujui kebijakan penargetan inflasi rata-rata, serta akan mempertahankan suku bunga rendah dalam waktu yang lebih panjang.

“Pengumuman oleh Powell, yang menyebut bahwa The Fed akan memberikan toleransi bagi inflasi di atas 2 persen, adalah indikasi bahwa kebijakan moneter masih akan dovish. Hal ini semestinya akan menjadi dukungan bagi harga emas,” kata John Sharma, ekonom dari National Australia Bank.

Dollar Amerika Serikat yang anjlok hari ini turut menjadi kontributor bagi bullish emas. Indeks Dollar Amerika Serikat turun hingga setengah persen, sehingga emas lebih diminati karena harganya menjadi murah bagi para pemegang mata uang selain Dollar Amerika Serikat.

Selain itu, ketidakpastian ekonomi di tengah pandemi yang belum menunjukkan penurunan signifikan juga menopangg kenaikan harga emas. Data pada hari Kamis kemarin menunjukkan bahwa jumlah Klaim tunjangan pengangguran di AS masih berkisar di atas satu juta. Artinya, pemulihan pasar tenaga kerja macet lagi diterpa
wabah virus Corona babak kedua.

Oleh karena itu, para analis memperkirakan bahwa harga emas masih dapat naik kembali. Wang Tao, analis teknikal Reuters, memprediksi bahwa harga emas spot dapat naik ke $2.00/troy ons.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Minggu ini harga emas kemungkinan masih akan bergerak sangat volatile dengan banyaknya hal yang kemungkinan akan terjadi mempengaruhi harga emas, dari valuasi pasar saham, komentar Gubernur the Fed, pemilihan Presiden di bulan November dan lainnya yang membuat agak sulit untuk melakukan trading. Terlebih lagi dengan volume trading yang sangat tipis pada liburan musim panas dan banyaknya trader yang memilih untuk “wait and see”. Setiap berita bisa memicu pergerakan yang volatile.

Dari data makro ekonomi, angka yang paling akan mempengaruhi pergerakan harga emas minggu ini adalah data “employment”. Angka “employment” yang rendah bisa menggerakkan harga emas naik lebih tinggi karena ekspektasi bahwa the Fed akan memompa lebih banyak likuiditas ke pasar keuangan. Pasar memperkirakan pada
bulan Agustus ini akan bertambah 1,5 juta pekerjaan.

Apabila ternyata angka yang keluar lebih tinggi daripada yang diperkirakan, maka harga emas bisa turun kembali.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Minggu ini jika emas bisa bertahan di $ 1,963/troy ons dan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) stabil, maka emas berpotensi mengalami kenaikan dan tren secara keseluruhan belum berubah. Berdasarkan survei Kitco terhadap para pelaku pasar menunjukkan bahwa analis Wall Street mulai berbeda pendapat terhadap pergerakan harga logam mulia pekan depan.

Sebanyak 47 % analis memperkirakan harga emas masih bakal naik lebih tinggi, 47 % lainnya memperkirakan turun dan sisanya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1981/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 2000/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1944/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1926/troy ons dan support 3 $ 1908/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*