Solid Gold Memahami Modus Operandi Dan Cara Kerja Penipuan

SOLID GOLD JAKARTA – Bidang usaha trading dengan kontrak berjangka merupakan bidang usaha investasi yang memberikan untung banyak jika dilakoni dengan serius, namun juga punya banyak kesempatan bagi para penipu pintar untuk menjaring korban.

Selain penipuan nasabah, salah satu modus yang sering digunakan adalah modus lowongan kerja untuk posisi di perusahaan pialang berjangka bergengsi.

Modus ini biasanya digunakan sebagai ‘variasi’ untuk menarik para korban yang tak mudah tertipu iming – iming menjadi nasabah.

Penipuan lowongan kerja trading berjangka

Penipuan dengan modus operandi lowongan kerja di bidang trading berjangka biasanya diarahkan kepada lulusan universitas yang sedang mencari kerja namun tak kunjung dapat.

Hal ini dilakuakn untuk lebih meluaskan jaringan korban karena tidak semua orang mau menjadi nasabah di perusahaan pialang berjangka karena sifatnya yang bisa agak mengintimidasi bagi yang kurang paham ilmu keuangan.

Penipuan ini biasanya menyasar mereka yang ada di kota besar, dan mereka bahkan tak ragu mengeluarkan uang untuk membuka kantor di lokasi bisnis di Jakarta untuk menyempurnakan modusnya.

Modus penipuannya biasanya adalah memasang pengumuman mencari karyawan untuk bekerja di perusahaan pialang berjangka yang baru dibuka (biasanya ada embel – embel ‘sedang berkembang’).

Hal ini tentu sangat menarik minat para pencari kerja yang berstatus sarjana, terutama yang tak kunjung mendapat pekerjaan.

Embel – embel ‘baru berkembang’ juga membuat perusahaan trading penipu ini bebas menyantumkan persyaratan yang cukup ringan dan tidak dicurigai, agar semakin banyak yang melamar. Perusahaan ini mencari karyawan untuk membantu usahanya dalam rangka menipu nasabah.

Kelak, jika dirasa sudah cukup, perusahaan ini akan membubarkan diri atau tutup, atau para pemiliknya akan melarikan diri dengan uang nasabah, meninggalkan para ‘pegawai’ mereka yang terlantar. Atau, bisa juga para ‘calon pegawai’ ini diwajibkan membayar untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Ciri – ciri penipuan perusahaan pialang lewat lowongan kerja

Perusahaan pialang berjangka palsu yang hendak menarik pegawai biasanya membuat syaratnya semudah mungkin, namun masih kelihatan wajar agar tak menarik perhatian para pencari kerja yang masih hijau. Biasanya, ciri-ciri yang menonjol adalah :

  • Memasang iklan di blog gratisan di internet atau bahkan menggunakan jasa situs pencari kerja seperti Jobstreet, namun tidak memberikan deskripsi perusahaan yang jelas. Biasanya sangat bergantung pada kata – kata “sebuah perusahaan pialang berjangka yang sedang berkembang membutuhkan pegawai….” Atau semacamnya.
  • Bidang usahanya tidak pernah digambarkan secara terperinci dan hanya mengandalkan nama – nama perusahaan yang terdengar hebat.
  • Saat mencantumkan posisi yang dicari, biasanya hanya sekedar mencantumkan nama – nama posisi yang umum macam Marketing Executive, Management Trainee dan Financial Consultant. Tidak ada deskripsi kerja jelas atau posisi yang spesifik.
  • Persyaratan super mudah, biasanya hanya ada batas umur tertentu, ketentuan untuk bisa berbahasa Inggris, kemampuan menggunakan komputer (itupun tak terlalu berat, biasanya hanya Microsoft Office).
  • Iming – iming gaji tinggi, bahkan ada yang berani menawarkan gaji dalam bentuk dolar.

Yang menari, perusahaan pialang berjangka ini biasanya sangat menonjolkan alamat perusahaan mereka, misalnya di Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Gedung Bursa Efek Jakarta dan sebagainya, sebagai pemancing agar banyak orang yang mau mendaftar.

Kesimpulannya, penipuan lewat trading oleh perusahaan pialang berjangka ternyata bukan hanya bisa menimpa nasabah, namun juga pencari kerja.

Harus diingat bahwa investasi trading kontrak berjangka yang sebenarnya tak pernah menjanjikan uang mudah, diperlukan pengetahuan, pendidikan formal, wawasan dan persyaratan yang tak mudah untuk bisa berkecimpung di bidang ini – PT SOLID GOLD BERJANGKA