Solid Gold – 3 Tips Membangun Tim Kerja Yang Baik

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Mempunyai tim yang solid dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan tersebut. Terutama bagi Anda yang baru memulai membuat bisnis kecil atau menjadi seorang eksekutif baru, Anda tidak bisa melakukan semua sendiri dan butuh tim yang bisa membantu meningkatkan kesuksesan perusahaan.

Membangun tim yang baik dengan meningkatkan kemampuan dan talenta tentu diperlukan. Bagaimana caranya, berikut tipsnya ?

1. Menentukan Anggota Tim Sesuai Kebutuhan

a. Periksa keadaan perusahaan

Memerika keadaan perusahaan dapat membantu dalam memahami manager seperti apa yang dibutuhkan. Bangun bagan organisasi perusahaan yang baik, serta jangan sampai terdapat divisi yang kekurangan orang.

b. Mengerti kelemahan

Jika Anda memiliki kelemahan dalam suatu bidang, rekrutlah orang yang memiliki potensi lebih di bidang tersebut. Merekrut orang yang lebih ahli itu tidak salah. Singkirkan segera ego Anda demi kepentingan bisnis.

c. Minta bantuan profesional

Mintalah bantuan pada senior, rekan kerja, atau bahkan seorang penasehat. Mendengar berbagai pendapat dapat membantu Anda menentukan anggota tim yang sedang dibutuhkan.

2. Merekrut Anggota Untuk Manajemen Tim

a. Merekrut Karyawan Lama

Nilai dan bicaralah pada karyawan yang menurut Anda memiliki sifat kepemimpinan dan orang yang cocok untuk ditempatkan menjadi seorang manager. Diskusikan tingkat kepentingan dan visi Anda secara keseluruhan.

b. Mencari orang berbakat di industri atau berbakat menjadi seorang pemimpin

Seperti contoh, perusahaan Anda bergerak di bidang konstruksi. Tidak harus Anda merekrut orang yang memang sudah mengerti kontruksi. Semuanya dapat ia pelajari seiring berjalannya waktu.

c. Network

Carilah anggota tim yang profesional berdasarkan network yang Anda punya. Biasanya, Anda akan menaruh kepercayaan lebih pada orang tersebut dan ia pun juga lebih terikat secara batin dengan Anda.

3. Pengembangan Tim Manajemen

a. Mengatur pertemuan atau rapat

Dalam pertemuan, Anda bisa menjelaskan harapan Anda kepada para manager terpilih. Mereka akan memahami dengan jelas peranan dan tanggung jawab mereka.

b. Pertimbangkan langkah strategis

Susun rencana jangka panjang yang akan dibantu dengan bakat dari para manager tersebut. Rencana yang disusun merupakan perpaduan dari visi, misi, dan tujuan perusahaan.

c. Mendelegasikan tugas dan tanggung jawab

Jangan takut untuk memberikan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain. Ingat, tidak semua sanggup Anda kelola sendiri.

d. Pastikan Anda memberikan tim otoritas

Seorang manager tidak akan bisa berkembang dengan baik jika ia memiliki banyak tanggung jawab, tetapi tidak memiliki otoritas di divisinya. Percayalah bahwa mereka bisa membuat keputusan yang baik dan mampu mengawasi divisi masing-masing – PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : liputan6.com