SOLID GOLD | MEMBLOKIR PERUSAHAAN RAKSASA TIONGKOK

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS BERSIAP UNTUK TERBANG! AMERIKA KEMBALI MEMBLOKIR PERUSAHAAN RAKSASA TIONGKOK

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas dalam sepekan terakhir bergerak dengan volatilitas yang cukup tinggi. Disepanjang pekan lalu, harga emas membukukan pelemahan hingga -2 % ke level $ 1.916.10/troy ons sebelum tutup dilevel $ 1.931.75/troy ons pada hari jumat (04/September).

Depresi harga emas dipengaruhi oleh penguatan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) seiring membaiknya rilis data ekonomi Amerika Serikat terutama dari sektor ketenagakerjaan. Selain itu, data penciptaan lapangan kerja (non-farm payrolls) menunjukkan adanya peningkatan sebesar 1,371 juta pekerjaan di bulan Agustus.

Tingkat pengangguran turun menjadi 8,4 % dari 10,2 % di bulan Juli. “Namun, data ini tidak mengubah sikap Federal Reserve Amerika Serikat untuk memompa lebih banyak stimulus ke dalam ekonomi dan mengambil toleransi terhadap tingkat inflasi yang lebih tinggi, menjaga emas tetap menarik dalam jangka panjang,” kata Michael Matousek, kepala pedagang di US Global Investor.

Disisi lain, hubungan antara Amerika Serikat dan China kembali memanas dimana Pemerintahan Donald Trump melalui Departemen Pertahanan Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan pembatasan ekspor pada Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC), produsen semikonduktor terbesar di China. Juru Bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengungkapkan pemerintah sedang berdiskusi mengenai kemungkinan SMIC harus ditambahkan ke daftar entitas Departemen Perdagangan, yang akan membatasi perusahaan tersebut menerima barang tertentu yang dibuat di Amerika Serikat.

“DoD [Departemen of Defense] saat ini bekerja dengan antarlembaga untuk menilai informasi yang tersedia guna menentukan apakah SMIC perlu dimasukkan dalam Daftar Entitas Departemen Perdagangan [atau tidak],” kata Juru Bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dikutip CNBC International, Minggu (6/September/2020).

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Pejabat Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan akan lebih memperketat pembatasan pada Huawei Technologies China untuk menindak akses perusahaan telekomunikasi ke chip yang tersedia secara komersial. Pembatasan tersebut mencegah Huawei mendapatkan semikonduktor tanpa lisensi khusus. SMIC adalah salah satu produsen Huawei. Ketika ketegangan semakin memburuk antara Amerika Serikat dan China, pejabat AS mendorong pemerintah lain di seluruh dunia untuk membatasi Huawei, dengan alasan bahwa perusahaan akan memberikan data kepada pemerintah China untuk memata-matai. Huawei membantah bahwa mereka memata-matai China.

Minggu ini para trader emas juga harus memperhatikan faktor diluar Amerika Serikat, khususnya pertemuan kebijakan moneter ECB yang akan diadakan pada tanggal 10 September. Kelihatannya tinggal masalah waktu untuk ECB mengeluarkan langkah-langkah stimulus baru dan mereka memang masih memiliki ruang untuk itu.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Volatilitas pergerakan harga emas yang tinggi akhir-akhir ini tidak mencerminkan bahwa harga emas berada dalam tren turun dan seharusnya dimanfaatkan untuk mengambil aksi beli. Hal ini diungkapkan oleh Frank Holmes, CEO dari U.S. Global Investor. “Volatilitas emas menjadi peluang untuk buy on dip. Anda salah jika tidak membeli emas,” kata Holmes saat diwawancara oleh Kitco.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1953/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1967/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1925/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $1912/troy ons dan support 3 $ 1900/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*