SOLID GOLD | MEMBUAT INDEKS DOLLAR AMERIKA MELEMAH

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS REBOUND PASCA RILIS DATA KETENAGAKERJAAN AS YANG MEMBUAT INDEKS DOLLAR AS (DXY) MELEMAH

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas disepanjang pekan lalu bergerak stabil di range $ 1770 – $ 1785/troy ons. Seiring para investor menunggu rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat. Di akhir sesi perdagangan pada hari sesi jumat (02/Juli) harga emas mencatat penguatan hingga 0.61 %. Atau mencapai level $ 1795.10/troy ons setelah data ketenagakerjaan Amerika Serikat dirilis.

Laporan rilis data NFP Amerika Serikat lebih baik daripada ekspektasi, tetapi Tingkat Pengangguran meningkat di luar dugaan. Pada rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat pada jumat (02/Juli). NFP Amerika Serikat bertambah 850,000 sementara Tingkat Pengangguran naik dari 5.8 % menjadi 5.9 %. Lebih buruk dari ekspektasi penurunan ke 5.6 %. Data tersebut membuat para investor menurunkan optimisme mereka akan pengetatan kebijakan moneter The Fed yang lebih cepat daripada ekspektasi. Akibatnya, Dollar Amerika Serikat turun dan harga emas naik. Indeks Dollar Amerika Serikat tergelincir 0.1 % ke 92.4. Kendati demikian, indeks tersebut masih mengakhiri pekan ini dengan penguatan 0.6 %.

Selain itu, Tingkat Pengangguran Amerika Serikat yang dilaporkan lebih buruk daripada ekspektasi turut menjadi perhatian pasar. Data Average Hourly Earnings Amerika Serikat atau pendapatan rata-rata per jam juga mengecewakan. Karena hanya naik 0.3 % versus ekspektasi 0.4 %. Dua data yang mengiringi laporan NFP Amerika Serikat lebih diperhatikan pasar. Oleh karena itu, begitu hasilnya tidak sesuai ekspektasi, Dollar Amerika Serikat pun melemah.

Terlepas dari data ketenagakerjaan Amerika Serikat, kekhawatiran akan penyebaran virus Corona strain Delta di Asia. Dan Eropa perlahan-lahan membangkitkan daya tarik emas sebagai safe haven. Pasalnya, situasi ini meredupkan rencana sejumlah negara Asia dan Eropa untuk memulai normalisasi secara utuh.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Ada dua sentimen utama minggu ini di Amerika Serikat. Pertama, PMI Jasa dari ISM yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan yang moderat. Meskipun masih tetap di level yang tinggi yang menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Para investor juga akan memperhatikan komponen Prices Paid untuk tanda-tanda inflasi, terutama setelah PMI manufaktur menyentuh rekor ketinggian.

Sentimen selanjutnya adalah risalah pertemuan FOMC Federal Reserve Amerika Serikat dari keputusan bulan Juni. Partisipan pasar akan mengamati dengan ketat apakah komentar yang hawkish dari the Fed beberapa minggu yang lalu. Sesuai dengan catatan di dalam risalah pertemuan tersebut.

Pasar memperkirakan akan kecenderungan yang hawkish. Segala sesuatu yang tidak memiliki kecenderungan hawkish tidak diperhitungkan di dalam harga pasar. Sehingga apabila dari risalah pertemuan FOMC tersebut ternyata ditemukan bahwa the Fed tidak se-hawkish seperti yang dibayangkan. Maka harga emas akan bisa mengalami rally naik.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Wall Street dan Main Street memperkirakan harga emas menguat (bullish) pada minggu ini. Keduanya mengharapkan harga emas yang lebih tinggi karena diperdagangkan tepat di bawah level $ 1.800/troy ons. Menurut survei harga emas mingguan Kitco.

Hasil survei harga emas Kitco minggu ini menunjukkan bahwa dari 13 analis yang berpartisipasi di sisi Wall Street. 69,2 % bullish pada harga minggu depan, sementara 30,8 % lainnya netral. Tidak ada suara bearish kali ini. Di sisi Main Street, dari 256 investor ritel yang berpartisipasi, 49,6 % bullish pada harga minggu depan. 25,8 % bearish, dan 24,6 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1795/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1810/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1765/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1750/troy ons. Dan support 3 $ 1741/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2224 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*