SOLID GOLD | MUNCULNYA KEMBALI ISU TAPERING

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS TERTEKAN DITENGAH MUNCULNYA KEMBALI ISU TAPERING AMERIKA SERIKAT

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu, harga emas kembali melemah 1.82 % dibandingkan pekan sebelumnya, dan ditutup pada level $ 1752.50/troy ons.

Pelemahan dalam 2 minggu berturut-turut ini telah menyebabkan harga emas berada pada level terendahnya selama 5 minggu terakhir. Tekanan harga emas terutama disebabkan oleh keperkasaan dolar Amerika Serikat ditopang oleh data penjualan ritel yang mengejutkan. Pada Agustus 2021, penjualan ritel di Negeri Adidaya tumbuh 0,7 % dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Jauh membaik ketimbang Juli 2021 yang minus 1,8 % mtm. Juga jauh lebih baik dari konsensus pasar yang dihimpun Reuters dengan perkiraan minus 0,8 % mtm.

Pertumbuhan penjualan ritel tersebut memberi gambaran bahwa konsumsi Amerika Serikat tetap kuat. Artinya, tekanan inflasi itu nyata dan stabil. Tekanan inflasi, yang menunjukkan pemulihan ekonomi yang kuat setelah dihantam pandemi virus corona, membuat pasar kembali meyakini bahwa bank sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve/The Fed) bisa segera melakukan pengetatan kebijakan atau tapering. Ini diawali dengan mengurangi pembelian surat berharga (quantitative easing) yang sekarang bernilai US $ 120 miliar setiap bulannya.

Rebound penjualan ritel tersebut membuat pengumuman kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (The Fed) pekan ini kembali menarik, isu tapering dalam waktu dekat yang sebelumnya sempat meredup kini kembali muncul yang membuat emas langsung terpukul.

Pekan ini, fokus perhatian investor akan tertuju pada rapat FOMC yang akan disertai dengan proyeksi ekonomi, dot plot suku bunga terbaru dan konferensi pers ketua The Fed Powell. Data penting dari Amerika Serikat lainnya adalah PMI Manufaktur untuk bulan September.

ANALISA FUNDAMENTAL

Fokus pasar pada minggu ini ada pada pernyataan dari the Fed pada hari Kamis dini-hari, dengan pasar akan menaruh perhatian penuh kepada waktu dilakukannya tapering, dan kabar mengenai dihentikannya pembelian obligasi.

Selanjutnya bank sentral Amerika Serikat akan menaruh perhatian seksama terhadap inflasi Amerika Serikat dan data employment ketika mengupdate pasar mengenai rencana “tapering” yang akan datang. Jika the Fed tidak melakukan apa-apa pada hari Rabu waktu Amerika Serikat atau Kamis dini hari waktu Indonesia, namun memberikan pertanda bahwa suatu rencana telah dibuat dan akan melakukan sesuatu pada bulan Desember, hal ini akan sedikit lebih baik bagi emas.

Angka – angka perumahan pada awal minggu bisa memberikan pandangan mengenai sektor konstruksi yang sudah panas. PMI pendahuluan dari Markit untuk bulan September juga menarik perhatian. Selanjutnya bank sentral Amerika Serikat akan menaruh perhatian seksama terhadap inflasi AS dan data employment ketika mengupdate
pasar mengenai rencana “tapering” yang akan datang.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut beberapa analis, level pemulihan harga emas berada di kisaran $ 1795 sampai $ 1810/troy ons. Sementara itu, target support berada di bawah level psikologis $ 1700/troy ons.

Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 47 % pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bearish, 47 % lainnya netral atau sideways, dan hanya 7 % yang memperkirakan bullish.

Sementara 45 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 39 % bearish, dan 16 % lainnya netral. Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1763/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1773/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1745/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1736/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1724/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2254 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*