SOLID GOLD | NEGATIF TERHADAP EKONOMI Amerika Serikat

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – PENGUATAN HARGA EMAS MASIH DIPENGARUHI OLEH RILIS DATA MINGGUAN Amerika Serikat YANG NEGATIF TERHADAP EKONOMI Amerika Serikat

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu, harga emas kembali berkilau naik tajam sebesar 8.05 % menembus level psikologis $ 1600/troy ons ke level tertinggi 1 bulan terakhir $ 1645.50/troy ons sebelum tutup pada level $ 1620.30/troy ons pada akhir pekan lalu.

Penguatan harga emas didukung oleh keputusan Senat dan Kongres Amerika Serikat telah menyetujui paket stimulus senilai US $ 2 triliun, setelah melelui proses yang panjang. Sebagian besar dari dana di dedikasikan terhadap pinjaman dari pada uang tunai langsung kepada ekonomi yang sedang berjuang naik. Dampak dari langkah-langkah stimulus dan kebijakan moneter yang longgar dari the Fed dan pemerintah Amerika Serikat akan terasa paling tidak selama beberapa minggu dan kemungkinan sampai beberapa bulan ke depan, meskipun hanya sampai pada pengontrolan kerusakan, bukan pertumbuhan.

Selain itu, harga emas semakin solid dengan penguatan seiring pukulan terhadap Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) yang dipengaruhi oleh laporan klaim pengangguran Amerika Serikat yang bertambah untuk pertama kalinya mencapai rekor dengan angka 3.283.000 orang, yang disebabkan karena PHK yang terjadi akibat
menyebarnya wabah coronavirus.

Laporan ini adalah salah satu dari laporan utama yang pertama dikeluarkan yang bisa menggambarkan sekilas dampak ekonomi dari “lockdown” dan usaha karantina sendiri untuk memerangi penyebaran dari virus. Angka yang keluar kali ini membuat angka klaim pengangguran Amerika Serikat yang lama yang paling tinggi sebanyak 695.000 pada bulan Oktober 1982 menjadi tidak ada artinya. Dengan itu, harga emas telah mulai pulih dari cengkraman likuditas, mayoritas dari analis memperkirakan harga emas akan masih melanjutkan naik pada minggu ini.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok, Xi JinPing akan melakukan pembahasan via telepon pada pagi ini, bila hasil pembicaraan bernada positif berpotensi tekan harga emas turun.

Kedua kepala negara tersebut berencana membahas wabah Corona dan kemungkinan kesepakatan dagang kedua negara selanjutnya. Walau Tiongkok telah mengalami guncangan wabah Corona, mereka masih mencoba memenuhi perjanjian dagang tahap pertama yang sudah disepakati Januari lalu. Hal yang mendongkrak optimisme pasar bahwa perekonomian Tiongkok dapat segera pulih dari imbas negatif wabah Corona yang telah menjangkiti negara tersebut sejak November 2019 lalu.

Sementara itu, Amerika Serikat mencatat jumlah penderita Corona tertinggi saat ini, mengalahkan jumlah penderita di Indonesia, Italia, dan juga Tiongkok. Pemerintah Amerika Serikat sudah menyiapkan dana stimulus fiskal untuk membantu mengurangi beban masyarakat terhadap wabah Korona senilai $ 2 triliun. Diluar itu, Federal Reserve Amerika Serikat juga telah menyediakan dana quantitative easing yang tidak terbatas untuk melakukan pembelian surat hutang dan berharga guna menjaga kelancaran perekonomian.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1600/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1600/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $1500/troy ons.

Data dan peristiwa penting yang akan menjadi perhatian pasar minggu ini adalah kepercayaan konsumen Amerika Serikat, perubahan tenaga kerja Non-pertanian Amerika Serikat, indeks manajer pembelian manufacturing ISM Amerika Serikat dan yang paling difokusin yaitu rilis data NFP Amerika Serikat.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1672 – $ 1585/troy ons Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1650/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1672/troy ons Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1606/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1585/troy ons dan support 3 $ 1557/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2041 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*