SOLID GOLD | PELAKU PASAR TERHADAP PANDEMI GLOBAL

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MELEMAH DITENGAH MEREDANYA KEKHAWATIRAN PARA PELAKU PASAR TERHADAP PANDEMI GLOBAL

SOLID GOLD JAKARTA – Pergerakan harga emas diawal pekan lalu, sempat menguat hingga menyentuh level $ 1747.75/troy ons, akan tetapi diakhir sesi penutupan perdangan pada hari Jumat (17/Apr) harga emas berbalik melemah ke level $ 1677.55/troy ons sebelum tutup pada level 1685.05/troy ons. Harga penutupan tersebut masih menguat tipis sebesar 0.23 % dibandingkan minggu sebelumnya.
Depresiasi harga emas disebabkan oleh naiknya sentimen terhadap asset berisiko, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana membuka kembali aktivitas ekonomi Amerika Serikat pada tanggal 1 Mei.

Selain itu, kabar ditemukannya obat untuk melawan Covid-19 oleh perusahaan farmasi Amerika Serikat menimbulkan harapan akan segera berakhirnya pandemi yang telah menyebabkan ambruknya ekonomi global.

Kini para investor kembali masuk ke pasar saham, mengabaikan data pertumbuhan ekonomi China dan penjualan ritel Amerika Serikat yang buruk. Akibatnya harga emas mengalami koreksi dan ditutup di bawah level psikologis $ 1700/troy ons. Sebagai antisipasi dibukanya lockdown di beberapa negara bagian Amerika Serikat, kemungkinan minggu ini risk aversion masih akan berlanjut.

Harga emas diperkirakan masih akan mengalami koreksi. Meski demikian para analis memperkirakan pelemahan harga emas bersifat sementara dan terbatas, mengingat prospek perekonomian global yang semakin suram yang memicu akan terjadinya resesi global.

A. ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Harga emas dapat melanjutkan koreksi dalam jangka pendek seiring presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan skema pelaksanaan rencana pembukaan ekonomi Amerika Serikat secara bertahap.

Selain itu, faktor lain yang menambah minat risiko pada aset-aset berprofil risiko lebih tinggi adalah rincian data eskperimen obat virus Corona yang dilakukan oleh produsen farmasi Amerika Serikat, Gilead Sciences Inc, terhadap pasien Corona yang cukup parah.

Meski demikian, kabar-kabar positif tersebut masih dibayangi oleh kerusakan ekonomi permanen yang berdampak pada minat dan daya beli konsumen. Oleh karena itu, harga emas masih bisa menguat kembali.

Harga emas masih akan terdukung oleh gelontoran stimulus moneter dan fiskal yang akan diterapkan untuk beberapa waktu ke depan. Dalam waktu dekat, penurunan paling dalam kemungkinan masih pada kisaran $ 1,650 yang menjadi support kunci.

B. ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan pelemahan ke level support kunci $ 1650/troy ons jika bergerak dan bertahan dibawah level psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, jika harga emas dapat menembus kembali level Psikologis $ 1700/troy ons.

Maka harga emas dapat melanjutkan kembali relly penguatan. Untuk pekan ini, pergerakan harga emas masih akan dipengaruhi oleh perkembangan Covid-19. Untuk data penting dari Amerika Serikat yang masih suram. Data penting minggu ini adalah PMI Manufaktur Amerika Serikat, klaim pengangguran awal Amerika Serikat, dan Eurozone.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1718 – $ 1650/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1698/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1714/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1666/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1650/troy ons dan support 3 $ 1635/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2041 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*