SOLID GOLD | PENYEBARAN VIRUS CORONA DI KOREA SELATAN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT KE LEVEL TERTINGGI 7 TAHUN TERAKHIR. DI PASCA KASUS BARU PENYEBARAN VIRUS CORONA DI KOREA SELATAN

SOLID GOLD JAKARTA – Di sepanjang pekan lalu, harga emas menjadi primadona pada pasar perdagangan komoditi. Harga emas naik mencapai level tertinggi 7 tahun terakhir yaitu di level $ 1649.20/troy ons. Dan tutup pada level $ 1643.25/troy ons. Atau menguat sebesar 3.81 % dibandingkan dengan harga penutupan minggu sebelumnya. Apresiasi kenaikan harga emas mencapai level tertinggi 7 tahun terakhir.

Terutama di sebabkan karena terjadinya kenaikan jumlah kasus baru Corona di Korea Selatan. Kasus terbaru datang dari Daegu, sebuah kota berpenduduk 2.5 juta jiwa di Korea Selatan. Di sana, muncul 104 kasus Corona baru dan sudah ada satu korban meninggal dunia. Saham-saham Asia pun runtuh merespon laporan ini, sehingga mendorong harga emas bergerak lebih tinggi.

Menyusul laporan tersebut, IMF memperingatkan bahwa wabah virus Corona yang telah mengikis pertumbuhan ekonomi China dapat merembet ke negara-negara sekitarnya. Jika demikian, maka pemulihan ekonomi global tahun 2020 terancam gagal.

Pemerintah China pun tak tinggal diam menghadapi gangguan ekonomi yang sedang melanda negaranya. Pekan lalu, bank sentral China telah melonggarkan kebijakan moneter. Dengan menyuntikkan stimulus senilai 1.2 triliun ke pasar ekuitas, dan memotong suku bunga pinjaman jangka menengah.

Sementara itu, PBoC memutuskan untuk memangkas suku bunga pinjamannya pada Kamis (20/02) demi mendongkrak perekonomiannya yang lesu akibat Corona. Beberapa bank di Shanghai juga mengucurkan pinjaman murah senilai 1.31 miliar Yuan ($ 186.8 juta) kepada 48 perusahaan besar.

Di sisi lain, pejabat The Fed mengakui adanya risiko ekonomi yang ditimbulkan oleh merebaknya wabah virus Corona. Meski demikian, The Fed optimis dapat tetap mempertahankan suku bunganya tahun ini.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas masih kuat naik jangka pendek seiring sentimen pasar. Kasus terbaru datang dari Daegu, sebuah kota berpenduduk 2.5 juta jiwa di Korea Selatan. Di sana, muncul 104 kasus Corona baru dan sudah ada satu korban meninggal dunia.

Saham-saham Asia pun runtuh merespon laporan ini, sehingga mendorong harga emas bergerak lebih tinggi. Untuk indikator ekonomi global, pada pekan mendatang ini akan diwarnai sejumlah data ekonomi penting.

Secara umum sejumlah agenda rilis data ekonomi global yang kiranya perlu diperhatikan investor minggu ini, adalah:

  • Dari kawasan Amerika: berupa rilis data CB Consumer Confidence pada Selasa malam; disambung dengan rilis Durable Goods Orders dan Prelim GDP q/q pada Kamis malam; berikutnya data Chicago PMI pada Jumat malam.

  • Dari kawasan Eropa dan Inggris: berupa rilis data German Ifo Business Climate pada Senin sore; diikuti dengan rilis German Prelim CPI pada Jumat sore.

  • Dari kawasan Asia Australia: berupa rilis data Manufacturing PMI China pada Sabtu pagi.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas kembali mengalami kenaikan di level tertinggi 7 tahun terakhir yaitu di level $ 1649.29/troy ons. Setelah mengalami koreksi selama 1 minggu di range $ 1558 – $ 1558/troy ons. Harga emas naik dan bergerak diatas level psikologis $ 1600.  Disebabkan oleh wabah virus corona yang mengakibatkan memperlambatan pertumbukan ekonomi global (Dunia).

Untuk sepekan ke depan resistance 1 berada di level $ 1672/troy ons jika, harga emas dapat menembus resitance tersebut. Maka dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 2 di level $ 1697/troy ons atau level tertinggi tahun 2013. Untuk perubahan trend pergerakan harga emas (bearish) berada pada level $ 1624/troy ons. Jika harga emas dapat menembus kembali support tersebut, kemungkinan besar dapat harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 yaitu di level psikologis $1600 dan jika harga emas bergerak di bawah level psikologis $ 1600 maka, harga emas kemungkinan akan mengalami penurunan kembali ke support terkuat yaitu di level $ 1585.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta ( Tulus Rifwandi Gea )

About solid gold 2018 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*