SOLID GOLD | PERKEMBANGAN PEMILU AMERIKA PEKAN INI

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – PERGERAKAN HARGA EMAS MEMANTAU PIDATO THE FED DAN PERKEMBANGAN PEMILU AMERIKA SERIKAT PEKAN INI

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas disepanjang pekan lalu menguat sebesar 0.52 % mencapai level $ 1.973.40/troy ons sebelum mengakhiri sesi penutupan perdagangan pada hari Jumat (18/Sept) tutup di level $ 1.950.90/troy ons seiring terjadinya tekanan terhadap mata uang Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) dan juga termasuk saham.

Pergerakan harga emas belakangan ini sangat tergantung kepada pasar saham dan mata uang Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) sehingga, para analis dengan hati-hati mengawasi potensi pengambilan uang tunai apabila ada aksi jual di pasar yang utama.

Salah satu pemicu utama pergerakan harga emas saat ini adalah kondisi Indeks Dollar Amerika Serikat termasuk juga Saham ditengah pemilihan presiden Amerika Serikat. Valuasi saham adalah mengenai pertimbangan bahwa ekonomi masih dalam tahap awal dari pemulihan. Jika pasar saham terpukul hebat, orang akan bisa lari ke uang tunai menjelang pilpres di Amerika Serikat.

Dengan mendekatnya pemilihan presiden pada tanggal 3 November, volatilitas pergerakan harga emas akan mengalami kenaikan. Para trader atau investor mungkin akan takut dengan ketidakpastian apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang dan mengambil uang tunainya sambil menunggu hasil dari pilpres menjadi jelas.

Ketidakpastian politik cenderung menguntungkan bagi emas, namun apabila diikuti dengan kerusuhan dan kekacauan likuiditas, hal ini tidak akan baik buat apapun.

Orang akan lari ke uang tunai. Selama dua minggu ini, peregrakan harga emas telah memasuki fase konsolidasi, yang menunjukkan emas sedang bersiap naik lebih tinggi. Sepanjang stimulus global masih bekerja, sulit untuk melihat harga emas turun jauh dalam jangka waktu yang lama.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Partai Republik dan Demokrat berupaya mencapai kesepakatan untuk memuluskan paket stimulus senilai US $ 2 triliun. Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu mengakui lebih menyukai “angka yang lebih besar” tapi politisi partai Republik masih belum yakin dengan itu.

Sementara itu, jalur pengembangan vaksin Covid-19 yang bakal menjadi kunci pemulihan ekonomi masih belum jelas. Pejabat kesehatan Amerika Serikat mengatakan jumlah vaksin masih akan terbatas tahun ini dan tak bisa dibagikan ke masyarakat dalam 6 bulan ke depan.

Fokus minggu depan, dari Amerika Serikat the Fed telah mengumumkan keputusannya yang terakhir sebelum tanggal pemilihan presiden tiba. Namun Powell masih bisa menggerakkan pasar melalui penampilannya di depan publik. Jika dia memberikan tanda mengenai perluasan program pembelian obligasi, hal ini bisa mendorong pasar dan membebani dollar Amerika Serikat. Pertempuran politik dalam pilpres semakin besar dengan Donald Trump semakin naik.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Harga emas telah terus diperdagangkan diantara $ 1,900 – $ 2,000 per ons, berkonsolidasi mencari kesempatan naik pada pergerakan berikutnya. Sepanjang harga emas bisa bertahan di $ 1,925, emas kemungkinan akan bisa naik sampai ke waktu pilpres berlangsung dengan syarat pasar saham tidak terpukul lebih dari 5 %.

Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada perkembangan pandemi COVID-19, serta testimoni ketua The Fed Jerome Powell di hadapan House dan Senat. Sementara dari Amerika Serikat akan ada data Manufacturing dan Services PMI, Durable Goods Orders serta Jobless Claims.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1953/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1967/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1925/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $1912/troy ons dan support 3 $ 1900/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2092 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*