SOLID GOLD | PERTUMBUHAN EKONOMI AMERIKA (GDP) Q3-2020

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS BERGERAK STABIL JELANG RILIS DATA PERTUMBUHAN EKONOMI AMERIKA SERIKAT (GDP) Q3-2020

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengakhiri sesi penutupan perdagangan pada hari Jumat (23/Oktober) turun sebesar -0.66 % ke level $ 1894.00/troy ons, sebelum tutup di level $ 1902.70/troy ons. Depresi harga emas disebabkan oleh pesimisme pelaku pasar terhadap paket stimulus fiskal di Amerika Serikat yang kemungkinan tidak akan cair sebelum pilpres selesai, hal tersebut membuat analis memperkirakan pergerakan harga emas akan sideways dan bergerak di kisaran level $ 1.900/troy ons.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kini justru menuding bahwa bahwa kubu oposisinya tersebut sengaja membelitbelitkan pencapaian UU stimulus Amerika Serikat. Hal itu pun meningkatkan pesimisme di kalangan pelaku pasar, terutama karena fokus saat ini juga tertuju pada Pilpers Amerika Serikat. Mengevaluasi debat pertama yang kacau, tatap muka kali ini akan dilengkapi dengan mute button untuk mencegah kandidat saling menginterupsi satu sama lain.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dari Partai Republik dan penantangnya dari Partai Demokrat, mantan wakil presiden Joe Biden, Kamis (22/Oktober) malam berdebat sengit mengenai jumlah kematian akibat virus corona di Amerika Serikat pada debat kedua dan terakhir mereka. Debat ini digelar 12 hari sebelum pemilihan presiden nasional pada 3 November.

“Ia mengatakan kita sudah berhasil” dalam menangani pandemi, kata Biden tentang Trump, sementara peningkatan jumlah kematian di Amerika Serikat telah mencapai lebih dari 220 ribu “Siapapun yang bertanggung jawab atas kematian sebanyak itu tidak boleh menjadi presiden. Ini adalah orang yang sama yang memberitahu kita, virus akan pergi sebelum Paskah,” kecam Biden.

Sementara itu, Donald Trump menuduh Biden bahwa ingin menutup negara untuk mengakhiri penyebaran virus jika ia menjadi presiden. “Ia akan menutup negara kalau satu orang di birokrasi besar kita memintanya untuk tutup,” kata Trump.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Di pekan ini, banyak negara yang akan merilis data PDB kuartal III-2020, dari Eropa, hingga Amerika Serikat yang menunjukkan kebangkitan ekonomi, dan bisa lepas dari jeratan resesi.

Amerika Serikat diprediksi akan lepas dari resesi dengan menunjukkan kebangkitan yang sensasional. Perekonomian Negeri Paman Sam di kuartal I-2020 mengalami kontraksi 5 % secara kuartalan yang disetahunkan (quarterly annualized), sementara di kuartal II nyungsep 31,4 %. Hasil survei Refinitiv menunjukkan PDB Amerika Serikat diprediksi tumbuh hingga 31,9 %.

Melihat hasil survei tersebut, hampir pasti Amerika Serikat akan lepas dari jeratan resesi di kuartal III-2020. Tetapi, bukan berarti roda perekonomian sang Negara Adikuasa akan terus melaju kencang.

Akan tetapi, pemulihan ekonomi diperkirakan akan mengalami pelambatan akibat stimulus fiskal yang tidak kunjung cair. Apalagi melesatnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat di kuartal III-2020 terjadi akibat low base effect, dimana PDB di kuartal sebelumnya sangat rendah. Sehingga di kuartal IV-2020 PDB Amerika Serikat tidak akan membukukan pertumbuhan sebesar kuartal IV.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Hasil survei mingguan Kitco terhadap analis di Wall Street menunjukkan 41 % memberikan outlook bullish (harga akan naik). Jumlah analis yang memberikan outlook netral (harga tidak kemana-mana) juga sama sebesar 41 %. Sementara yang memberikan outlook bearish (harga turun) sebanyak 18 %.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada “letupan” harga emas, sebab di pekan ini akan dirilis data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat kuartal III-2020, yang diprediksi akan tumbuh hingga 32,5 % secara kuartalan yang disetahunkan (quarterly annualized) berdasarkan survei Refinitiv.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1913/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1925/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1889/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1877/troy ons dan support 3 $ 1865/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB JAKARTA (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*