SOLID GOLD | INFLASI AMERIKA MENDORONG HARGA EMAS

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – PREPARE BUY! KENAIKAN INFLASI AMERIKA SERIKAT MAMPU MENDORONG HARGA EMAS KE LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TROY ONS

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu, harga emas berhasil mempertahankan reli penguatan diatas level psikologis $ 1800/troy ons. Walaupun sempat turun ke level $ 1808.40/troy ons. Namun, fundamental emas yang kokoh dapat mendorong harga emas kembali menguat hingga 0.64 % . Dari minggu sebelumnya di level $ 1863.60/troy ons.

Apresiasi penguatan harga emas, di dorong oleh kekhawatiran para pelaku pasar terhadap inflasi Amerika Serikat. Yang kembali meningkat pada April 2021 hingga berpotensi mengubah kebijakan dovish bank sentral Amerika Serikat. (Federal Reserve/The Fed) juga turut mendorong kenaikan harga emas pekan ini. Emas secara tradisional dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi serta aset aman (safe haven). Sehingga inflasi yang tinggi serta volatilitas di pasar finansial akan menguntungkan bagi emas.

Jika dalam beberapa bulan ke depan inflasi terus tinggi, maka spekulasi bank sentral Amerika Serikat. (The Fed) akan mengetatkan kebijakan moneternya lebih cepat dari perkiraan akan semakin menguat. Jika itu terjadi, pasar finansial global akan mengalami volatilitas tinggi sehingga akan menguntungkan bagi emas yang menyandang status safe haven.

Disisi lain, beberapa para analis memprediksi harga emas akan mencapai $ 2.000/troy ons. Lagi di semester II tahun ini sebab inflasi di Amerika Serikat yang tinggi serta potensi volatiitas di pasar finansial. Harga emas belum menunjukkan kinerja yang bagus di tahun 2021. Namun, diperkirakan semester II tahun ini akan lebih menarik bagi emas. kata beberapa analis sebagaimana dilansir Kitco.com.

ANALISA FUNDAMENTAL

Pekan ini, semua mata tertuju kepada inflasi. Investor juga berminat untuk mengetahui apa yang ada dalam pikiran dari Federal Reserve melalui risalah pertemuan FOMC mengenai kebijakan moneter Amerika Serikat.

Rilis data utama pada minggu ini adalah risalah pertemuan FOMC Federal Reserve. Yang akan dikeluarkan pada hari Rabu waktu Amerika Serikat, dari keputusan tingkat bunga di bulan April yang lalu.

Waktu itu, the Fed menekankan bahwa inflasi adalah bersifat transitory dan bahwa ekonomi masih panjang perjalanannya. Sementara angka NFP menunjukkan rintangan di perjalanan dan keprihatinan akan kenaikan harga meningkat.

Pasar juga akan mengikuti klaim pengangguran mingguan yang diperkirakan tetap mengarah turun. Dan PMI pendahuluan dari Markit juga akan mendapatkan perhatian pasar, namun fokus tetap pada apa yang dipikirkan oleh the Fed.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Harga emas akhirnya berhasil mempertahankan momentum penguatan ketika sukses melewati atau menembus level psikologis $ 1.800/troy ons. Berdasarkan beberapa parameter dari indicator maupun pola grafik pergerakan. Harga emas sangat berpotensi menguji lagi level psikologis $ 1.900/troy ons dalam beberapa bulan ke depan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1860/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1873/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1831/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1817/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2200 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*