SOLID GOLD | RESERVE Amerika Serikat SEBESAR $ 2,3 TRILIUN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT DITENGAH LAPORAN STIMULUS FEDERAL RESERVE Amerika Serikat SEBESAR $ 2,3 TRILIUN

SOLID GOLD JAKARTA – Di sepanjang pekan lalu, harga emas kembali mengalami apresiasi kenaikan mencapai level tertinggi 2 bulan terakhir pada level $ 1690.30/troy ons dan ditutup pada level $ 1681.30/troy ons. Harga tersebut menguat sebesar 3.8 % dibandingkan minggu sebelumnya.

Apresiasi penguatan harga emas terjadi selama 3 minggu berturut-turut dan disebabkan oleh program stimulus besar-besaran yang diluncurkan oleh bank-bank sentral di berbagai negara, sebagai bagian dari upaya mengurangi dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Selain itu, harga emas juga terdukung oleh Federal Reserve Amerika Serikat pada hari Kamis kemarin meluncurkan stimulus lagi sebesar $ 2,3 trilyun untuk pembiayaan terhadap penurunan pendapatan bagi bisnis dan pemerintah. The Fed mengatakan program-program itu akan berjumlah total $ 2,3 triliun dan termasuk
Program Perlindungan Penggajian dan langkah-langkah lain yang bertujuan untuk mendapatkan uang untuk usaha kecil dan memperkuat keuangan kota dengan program pinjaman $ 500 miliar.

Disisi lain, data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis minggu lalu juga berkontribusi terhadap melonjaknya harga emas, terutama klaim pengangguran dan inflasi. Jobless Claims kembali menembus angka 6.6 juta, sementara inflasi bulan Maret turun 0.4 %, terendah dalam 5 tahun terakhir. Disamping itu, notulen FOMC juga menunjukkan kekhawatiran terhadap dampak pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir.

Minggu ini, emas diperkirakan masih akan menguat, menyusul perkiraan beberapa data fundamental penting dari Amerika Serikat dan China yang masih suram. GDP China kuartal pertama tahun ini diperkirakan mengalami kontraksi hingga 6 %, sementara penjualan ritel Amerika Serikat bulan Maret diperkirakan turun hingga 8 %.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, stimulus tambahan The Fed yang diumumkan pada hari kamis (09/Apr) pekan lalu, berpotensi menopang kenaikan harga emas menguji resisten 1700. The Fed mengumumkan langkah-langkah baru untuk menyediakan hingga $ 2,3 triliun dalam bentuk pinjaman untuk keluarga dan perusahaan.

Menyusul pembicaraan pada hari Kamis, OPEC+, Rusia dan sekutu lainnya menguraikan rencana untuk memotong produksi lebih dari seperlima dan mengharapkan Amerika Serikat dan produsen lain untuk bergabung dalam upaya mereka untuk meningkatkan harga.

Dalam panggilan telepon terpisah setelah pertemuan itu, Raja Salman, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin meninjau pentingnya kerjasama antara negara-negara penghasil minyak, kantor berita Arab Saudi melaporkan.

Namun kelompok itu, yang dikenal sebagai OPEC +, mengatakan Meksiko belum menandatangani perjanjian setelah menolak keras pengurangan produksi yang diminta. Hal ini, menimbulkan ketidakpastian terhadap laju nya pertumbuhan ekonomi global saat ini, sehingga rata rata para investor dan spekulan masih memilih untuk membeli asset safe haven seperti emas.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat ini sedang menguji level tertinggi 8 tahun terakhir yaitu pada level $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas tidak dapat menembus level tersebut. Maka, harga emas dapat kembali bergerak dirange $1600/troy ons.

Minggu ini, emas diperkirakan masih akan menguat, menyusul perkiraan beberapa data fundamental penting dari Amerika Serikat dan China yang masih suram. GDP China kuartal pertama tahun ini diperkirakan mengalami kontraksi hingga 6 %, sementara penjualan ritel Amerika Serikat bulan Maret diperkirakan turun hingga 8 %.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1701 – $ 1671/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1701/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1716/troy ons dan resistance 3 berada pada level $ 1729/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1671/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1657/troy ons dan support 3 berada pada level $ 1645/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2041 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*