SOLID GOLD | RILIS DATA DAN MEETING FOMC PEKAN INI

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – PASAR GLOBAL DI WARNAI OLEH LAPORAN RILIS DATA DAN MEETING FOMC PEKAN INI

SOLID GOLD JAKARTA – Setelah menguat hingga 2.90 % atau mencapai level $ 1875/troy ons minggu lalu, harga emas kembali terkoreksi dan ditutup pada level 1838.66/troy ons. Harga penutupan ini menguat tipis 0.1 % dibandingkan minggu sebelumnya.

Kenaikan harga emas disebabkan oleh kembali bergulirnya perundingan stimulus fiskal antara House of Representative Amerika Serikat dan Menteri Keuangan Amerika Serikat. Dengan disalurkannya stimulus fiskal, maka peredaran US Dollar akan naik dan memicu inflasi, sehingga berdampak positif pada emas.

Namun, karena kesepakatan stimulus belum juga tercapai, harga emas kembali mengalami koreksi. Penurunan emas juga didukung oleh dimulainya proses vaksinasi massal di Inggris, yang rencananya akan diikuti oleh Amerika Serikat dalam waktu dekat. Vaksinasi massal menyebabkan optimisme pasar terhadap membaiknya ekonomi global, sehingga akan memicu risk appetite dan menekan harga logam mulia.

Tanpa stimulus yang baru, jutaan warga Amerika Serikat bakal kehilangan tunjangan pengangguran pada tahun baru. Padahal, klaim tunjangan pengangguran mingguan pada pekan lalu menembus 853.000, atau tertinggi sejak 19 September, menyusul karantina wilayah (lockdown) yang mulai banyak diberlakukan karena gelombang kedua penyebaran Covid-19.

Pekan ini, perhatian pasar masih akan tertuju pada perkembangan stimulus fiskal di Amerika Serikat, vaksinasi massal, dan berita mengenai jumlah kasus COVID-19 global yang terus bertambah dari hari ke hari. Data dan peristiwa penting minggu ini adalah FOMC, BoJ, dan BoE meeting, Retail Sales, Manufacturing PMI, serta Jobless Claims Amerika Serikat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa Fundamental, Hal ini terjadi setelah, Britania Raya (UK) mulai memvaksinasi masyarakatnya dengan vaksin Pfizer/BioNTech sementara itu organisasi obat-obatan dan makanan Amerika Serikat dalam hasil uji cobanya tidak menemukan adanya efek berbahaya dari vaksin yang ditangkap sebagai sinyal akan disetujuinya vaksin tersebut oleh Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Vaksinasi di Inggris sendiri dilakukan dengan prioritas garda pekerja kesehatan terdepan seperti suster dan dokter serta masyarakatnya yang sudah berusia di atas 80 tahun. Dengan kemunculan vaksin yang efektif tentu saja akan mempercepat pemulihan ekonomi dan tentunya hal ini akan menguntungkan aset seperti saham, sehingga aset lindung nilai seperti emas menjadi kurang menarik.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Survei yang dilakukan Kitco.com beragam. Sekitar 33 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas akan bullish, 40 % bearish, dan 27 %memperkirakan netral atau sideways. Sementara itu, 54 %  pemain Main Street memperkirakan bullish, 28 % bearish, dan 17 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1811/troy ons dan support 3 $1800/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2145 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*