SOLID GOLD | SENTIMEN GLOBAL SEPANJANG PEKAN INI

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – PASAR KOMODITI EMAS DIWARNAI OLEH BEBERAPA SENTIMEN GLOBAL SEPANJANG PEKAN INI

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas disepanjang pekan lalu membukukan penguatan di tengah kekhawatiran prospek ekonomi dunia akibat lonjakan jumlah kasus terinfeksi Covid-19. Hal itu diyakini bisa membahayakan proses pemulihan ekonomi setelah dibukanya kembali aktivitas perekonomian.

Apresiasi penguatan harga emas menguat hingga 2,64 % atau mencapai level $ 1744.80/troy ons sebelum mengakhiri sesi penutupan perdagangan pada hari Jumat (12/Juni) pada level $ 1731.10/troy ons. Kenaikan harga emas tersebut terjadi setelah Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/ The Fed) memberikan proyeksi ekonomi yang suram di tengah kenaikan jumlah pasien Covid-19 pasca pelonggaran karantina wilayah (lockdown).

Sebagaimana dilaporkan AP, Texas mencatatkan tiga rekor tertinggi pasien Covid-19. Sembilan wilayah di California juga melaporkan kenaikan kasus corona dan juga jumlah pasien yang terkonfirmasi terkena virus berbahaya tersebut. Disisi lain, secara bersamaan, suku bunga acuan ditahan hingga 2022. Hal tersebut menunjukkan nilai volatilitas pasar atau kondisi risiko pasar keuangan global kembali tinggi.

Salah satu indikatornya, yaitu indeks volatilitas pasar keuangan Amerika Serikat (Volatility Index/VIX). Tingginya volatilitas pasar mengakibatkan investor enggan untuk masuk ke pasar aset berisiko maupun aset dengan imbal hasil (yield) dan cenderung memilih instrumen safe haven seperti emas.

Sentimen positif harga emas juga didukung oleh stimulus besar-besaran di sejumlah negara dan kemungkinan pelonggaran moneter lebih lanjut oleh beberapa bank sentral di seluruh dunia guna memerangi Covid-19. Sentimen positif harga emas juga didukung oleh stimulus besar-besaran di sejumlah negara dan kemungkinan pelonggaran moneter lebih lanjut oleh beberapa bank sentral di seluruh dunia guna memerangi Covid-19. Langkah-langkah stimulus besar-besaran cenderung mendukung harga emas, yang sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Emas adalah investasi yang menarik selama periode ketidakpastian politik dan ekonomi.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Tingginya volatilitas pasar mengakibatkan investor enggan untuk masuk ke pasar aset berisiko maupun aset dengan imbal hasil (yield) dan cenderung memilih instrumen safe haven seperti emas.

Sementara data ekonomi yang akan dirilis dari mancanegara pada pekan depan yang menjadi penggerak pasar di antaranya yaitu kebijakan tingkat suku bunga bank sentral Jepang (BoJ), laporan terkini pasar tenaga kerja Inggris, penjualan ritel Amerika Serikat, pernyataan dari Jerome Powell, lalu pertemuan kebijakan bank sentral Inggris (BoE). Sementara klaim tunjangan pengangguran Amerika Serikat juga menjadi perhatian pelaku pasar untuk dicermati secara ketat.

Sentimen pekan depan cukup memberikan gambaran bagi pelaku pasar tentang dampak dari pandemi Covid-19 terhadap pasar tenaga kerja, serta bagaimana kebijakan bank sentral di beberapa negara untuk menanggulangi nya.

Fokus utama pasar tetap pada penyebaran dari virus corona itu sendiri yang hingga saat ini telah menginfeksi lebih dari 7 juta orang di seluruh negara dengan korban jiwa mencapai 400.000 lebih jiwa.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas perlu melewati (break) salah satu level resistance atau support, untuk melihat arah pergerakan selanjutnya. Oleh karena itu, setelah penguatan selama seminggu terakhir emas berpotensi untuk terkoreksi dalam jangka pendek, namun untuk jangka menengah dan jangka panjang prospek untuk menguat lebih lanjut sangat memungkinkan, terutama jika harga emas tidak bermain di bawah level psikologis $ 1700.

Rentang harga perdagangan selama sepekan ke depan, harga emas diperkirakan bergerak di kisaran US $ 1.700/troy ons hingga US $ 1.756/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1743/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1756/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1714/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1700/troy ons dan support 3 $ 1686/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*