SOLID GOLD | STIMULUS BANK CENTRAL UNI EROPA (ECB)

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU DITENGAH STIMULUS BANK CENTRAL UNI EROPA (ECB)

SOLID GOLD JAKARTA – Hargae emas disepanjang pekan lalu, bergerak sideways sebelum ditutup pada level $ 1810.20/troy ons. Harga penutupan ini telah menguat sebesar 0.62 % dibandingkan minggu sebelumnya. Harga emas sempat turun di bawah level psikologis $ 1800/troy ons, sebagai respon dari kenaikan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) pasca data penjualan ritel Amerika Serikat yang lebih baik dari perkiraan.

Meski demikian, harga emas masih diperkirakan bullish dalam jangka menengah-panjang. Prediksi ini didasarkan atas kekhawatiran para investor akan meningkatnya kasus infeksi COVID-19 secara global, yang bisa menyebabkan aktivitas ekonomi di sejumlah negara kembali lockdown.

Jumlah penderita Covid-19 secara global telah mencapai 14 juta orang. Angka kematian tembus sampai 600 ribu jiwa. Amerika Serikat dengan jumlah kasus terbanyak masih terus melaporkan rekor kenaikan infeksi barunya. Amerika Serikat melaporkan ada tambahan kasus lebih dari 77 ribu dalam sehari. Kenaikan kasus yang signifikan dikhawatirkan memicu kembali diterapkannya lockdown. Hal tersebut membuat investor mencari suaka dan memilih emas sebagai aset safe haven untuk dimasukkan ke dalam portofolio mereka.

Selain itu, kenaikan harga emas secara fundamental juga didukung oleh kebijakan bank sentral di berbagai negara yang mengucurkan stimulus besar-besaran, sehingga berpotensi menimbulkan inflasi tinggi di waktu mendatang. Minggu lalu, ECB menegaskan akan tetap menjalankan program stimulus darurat untuk menanggulangi dampak penyebaran Covid-19 hingga Juni 2021.

Harga emas merupakan aset aman (safe haven), yang permintaannya akan meningkat saat terjadi resesi. Kondisi resesi kali ini berbeda dari yang pernah terjadi sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat resesi terjadi dimana-mana, secara global. Maklum saja, guna meredam penyebaran virus corona negara-negara menerapkan kebijakan social distancing hingga lockdown yang membuat roda bisnis melambat. Data ekonomi penting minggu ini adalah PMI Manufaktur Amerika Serikat, Eurozone, dan Inggris.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Banjir stimulus yang masif dari pemerintah dan bank sentral berpotensi memicu inflasi yang tinggi di masa depan. Ini menambah prospek emas menjadi semakin berkilau.

Para analis memprediksi emas akan memecahkan rekor tertinggi US $ 1.921/troy ons yang dicapai pada September 2011 lalu. Bahkan jauh lebih tinggi lagi.

Disisi lain, Pemimpin Uni Eropa bertemu di brussels pada hari jumat lalu (17/Juli) untuk mencapai kesepakan atas peket penyelamatan ekonomi kawasan senilai 750 miliar euro (US$ 853,8 miliar), yang bisa menghadapi perlawanan dari Austria, Denmark, Swedia dan Belanda.

Selain itu, tensi antara China dan Amerika Serikat juga memperberat sentimen, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump melarang izin perjalanan semua anggota Partai Komunis China termasuk sanak-keluarganya.

Di Eropa, British Airways mengandangkan armada Boeing 747 di tengah anjloknya tingkat perjalanan global akibat pandemi. Pabrikan Jerman Mercedes-Benz juga menghentikan produksi sedan di Amerika Serikat dan Meksiko untuk memangkas biaya.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Secara teknikal, emas berada dalam fase konsolidasi dalam beberapa hari terakhir. Sejak pekan lalu, rentang pergerakan emas di kisaran $ 1.790 sampai $ 1.817/troy ons yang menjadi batas fase konsolidasi.

Saat berada dalam fase konsolidasi, emas akan naik turun di batas atas $ 1.817/troy ons dan batas bawah $ 1.790/troy ons. Tetapi fase konsolidasi ini di satu titik akan memicu pergerakan besar jika salah satu batas fase konsolidasi itu ditembus. Semakin lama emas berada dalam fase konsolidasi potensi pergerakan besar akan semakin meningkat.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1818/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1830/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1782/troy ons dan support 3 $ 1761/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2084 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*