SOLID GOLD | 5 Negara Ini Laporkan Temuan Baru Virus Corona

solid gold
solid gold

5 Negara Ini Laporkan Temuan Baru Virus Corona – Solid Gold

SOLID GOLD JAKARTA – Varian baru Corona dari Inggris yang dijuluki B117 kini sudah menyebar luas. Varian ini jadi perhatian karena memiliki mutasi yang membuatnya jadi lebih mudah menular.

Di Asia Tenggara, setidaknya sudah ada lima negara yang melaporkan temuan varian baru virus Corona ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar tiap negara memperkuat pengawasan dengan meningkatkan kapasitas pengurutan genom atau genomic sequencing.

“WHO menyarankan negara-negara, bila memungkinkan, perbanyak rutinitas pemeriksaan sistemik genom SARS-COV-2 untuk mengetahui transmisi dari virus dengan lebih baik dan mengawasi kemunculan varian baru,” tulis WHO.

Berikut 5 negara di Asia Tenggara yang sudah melaporkan temuan varian baru Corona Inggris B117 :

1. Singapura

Singapora pertama kali melaporkan varian virus B117 pada 23 Desember silam. Kala itu kasus ditemukan pada warga negara asing yang datang dari Eropa alias kasus impor.

Namun, belakangan ini otoritas Singapura melaporkan temuan kasus-kasus varian pada warga lokal. Arinya sudah terjadi infeksi di tingkat komunitas. Singapura sudah melaporkan total 25 kasus varian Corona B117 per tanggal 29 Januari 2021.

2. Malaysia

Pada tanggal 12 Januari 2021, Malaysia melaporkan kasus pertama varian baru virus Corona B117. Dikutip dari New Straits Times, satu orang pasien COVID-19 yang memiliki riwayat perjalanan dari Inggris dites positif jenis varian baru Corona B117.

“Kementerian Kesehatan ingin menginformasikan bahwa satu kasus yang melibatkan varian COVID-19 B117 Inggris telah terdeteksi di Malaysia hari ini,” jelas Kementerian Kesehatan Malaysia saat mengumumkan temuan.

3. Vietnam

Vietnam yang sempat dianggap berhasil mengendalikan pandemi kini harus kembali menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Kementerian Kesehatan Vietnam mengonfirmasi peningkatan kasus ini terjadi sebagian karena varian baru Corona yang sama seperti ditemukan di Inggris.

“Pengurutan genetik menunjukkan 12 dari 276 kasus baru pada pasien positf varian Inggris. Sumbernya masih belum diketahui jelas,” kata Menteri Kesehatan Vietnam Nguyen Thanh Long seperti dikutip dari CNA.

4. Thailand

Thailand menemukan kasus pertama B117 pada empat warga negara asing (WNA) asal Inggris di awal bulan Januari 2021. Kementerian Kesehatan Thailand langsung bertindak dengan mengusulkan larangan masuk bagi WNA dari Inggris.

5. Filipina

Dikutip dari The Straits Times, Filipina melaporkan varian baru COVID-19 Inggris pada 13 Januari 2021. Kasus ditemukan pada seorang agen properti berusia 29 tahun yang baru saja melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab. Pada tanggal 24 Januari 2021, Filipina kembali melaporkan 16 kasus varian Corona tersebut – SOLID GOLD

Sumber : health.detik

About solid gold 2202 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*