SOLID GOLD | TIDAK SESUAI DENGAN PERKIRAAN

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT PASCA RILIS DATA NFP AMERIKA SERIKAT YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERKIRAAN

SOLID GOLD JAKARTA – Disepanjang pekan lalu, harga emas berhasil melanjutkan reli penguatan hingga 1.01 % dibandingkan minggu sebelumnya. dan ditutup pada level $ 1827.90/troy ons. Ini adalah penguatan selama 4 minggu secara berturut-turut, dan merupakan harga penutupan tertinggi dalam 2 bulan terakhir.

Apresiasi harga emas terutama disebabkan oleh rilis data Non Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat bulan Agustus yang mengecewakan. NFP bulan Agustus hanya bertambah 235,000 jobs, jauh di bawah estimasi 720,000 jobs. Dan menjadi yang terendah sejak bulan Januari lalu.

Meski demikian, tingkat pengangguran dan upah mengalami perbaikan sehingga US Dollar tidak terlalu tertekan di akhir perdagangan minggu lalu.

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah outlook tapering atau pengurangan pembelian asset oleh The Fed. Sebagian analis memperkirakan The Fed akan menahan diri dan memperpanjang rencana tapering. Hal ini mengacu pada pernyataan ketua The Fed Jerome Powell. Yang menegaskan bahwa program pengurangan pembelian asset baru akan dimulai setelah data ketenagakerjaan menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Namun, sebagian analis lainnya yakin bahwa tapering tetap akan mulai dilakukan dalam tahun ini. Sesuai dengan statement rapat The Fed terakhir. Pasalnya, beberapa anggota FOMC menginginkan agar segera dilakukan pengurangan pembelian asset. Mengingat keputusan The Fed diambil dengan cara voting, ada kemungkinan tapering akan dimulai pada akhir tahun ini. Akan tetapi, tingkat suku bunga acuan tetap dipertahankan dilevel 0-0.25 % sehingga harga emas masih mempunyai bahan bakar untuk menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Minggu ini lebih tenang daripada yang biasanya. Angka NFP yang turun menunjukkan bahwa varian Delta telah memberikan dampak yang dalam. Terhadap pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat. Di dalam hal permintaan dari konsumen.

Hal ini, akan mempengaruhi kebijakan moneter dari the Fed yang semula sudah ingin melakukan “tapering”. Dalam skema pembelian obligasi senilai $ 120 miliar per bulan. Dampak yang paling dalam dari laporan ini adalah bahwa Federal Reserve akan harus menahan rencana mereka sekarang. Untuk menormalkan pembelian assets mereka dengan melakukan “tapering” dan meneguhkan keyakinan mereka. Untuk tetap mempertahankan tingkat bunga mendekati Nol untuk waktu yang lebih lama lagi.

Fokus para pelaku pasar minggu ini tertuju pada hasil FOMC meeting tanggal 22-23 September mendatang. Yang akan disertai dengan proyeksi ekonomi dan suku bunga. Diperkirakan, The Fed akan mengumumkan rincian kebijakan moneter termasuk tapering dan prospek suku bunga. Data penting dari Amerika Serikat minggu ini adalah inflasi di tingkat produsen (PPI) dan Jobless Claims.

ANALISA TEKNIKAL

Minggu ini, Survei yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sentimen yang masih bullish. Sekitar 67 % pemain Wall Street memperkirakan harga emas bullish, 13 % bearish, dan 20 % netral atau sideways. Sementara itu, 65 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 19 % bearish, dan 16 % lainnya netral (sideways).

Harga emas saat ini disebut undervalue sebesar 12 % oleh Nitesh Shah, direktur riset di WisdomTree. Ia mengatakan melihat posisi dollar Amerika Serikat, suku bunga, dan inflasi, emas seharusnya diperdagangkan di kisaran US $ 2.000/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1847/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1865/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1813/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1796/troy ons. Dan support 3 di level $ 1784/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2235 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*