Titip Oleh – Oleh Harus Ada Etikanya | Solid Gold

SOLID GOLD JAKARTA – Menitip oleh – oleh itu ada etikanya. Agar teman kamu yang lagi traveling mau membawa pesanan kamu. Jangan sembarangan meminta dan akhirnya cuma bikin kesal.

Tidak sembarangan dan tidak mudah menitip oleh – oleh kepada teman kamu yang lagi traveling. Jika dia tidak bisa membelinya dengan bebagai alasan dan (mungkin) kamu tidak percaya, tapi mau bagaimana lagi.

Dibelikan syukur, nggak diberikan ya tidak etis juga lah kalau marah – marah. Berikut etika saat menitip oleh – oleh kepada teman kamu yang sedang traveling :

1. Kasih uang terlebih dulu

Ada uang, ada barang. Begitu pula saat mau menitip oleh – oleh, berilah dia uang terlebih dulu supaya semuanya lancar. Jangan bikin dia kerepotan dan mengeluarkan kocek pribadi demi membeli titipan kamu. Jangan sampai dia berpikir, “Dia yang mau kok malah pakai duit saya dulu”.

Dengan memberi uang terlebih dulu, dia tentu tidak merasa keberatan. Dia akan merasa dihargai dan dihormati, karena kamu juga tahu diri. Jangan seenaknya ngomong nitip ini, nitip itu tanpa ada uangnya.

2. Kasih uang lebih

Mungkin ini bagi kita yang menitip oleh – oleh, sering terlupakan. Kita lupa jika menitip oleh – oleh kepada seseorang tentu akan membuat koper atau ransel mereka menjadi lebih penuh dan berat. Malah jika oleh – olehnya terlalu besar dan banyak, bisa – bisa biaya bagasi dia di pesawat jadi nambah.

Maka itu, kasihlah uang lebih. Tak perlu banyak-banyak, yang penting cukup bikin dia senang. Namun kasihnya baik – baik dan jaga perasaannya ya, jangan kesannya “saya kasih uang lebih, tapi jangan lupa titipannya”. Bilang saja di awal, itu uangnya buat uang capek saja atau uangnya buat tambah biaya bagasi.

3. Kasih like dan comment di postingannya

Saat teman kamu traveling, dia pasti posting foto di media sosialnya. Nah kamu, baiknya kasih like dan beri comment yang bagus – bagus seperti “tempatnya keren bro”, “asyik banget mau juga ke situ” atau “mana lagi ni foto lainnya penasaran”.

Dengan melakukan hal itu, pasti dia bakal senang. Senang karena like di postingannya banyak dan senang juga dapat comment. Bisa jadi dengan lihat comment kamu, dia juga ingat kalau kamu menitip oleh – oleh.

4. Jangan comment “jangan lupa titipan gue ya”

Masih soal comment di media sosial, kadang mungkin kamu pernah melihat situasi seperti ini. Seseorang sedang traveling dan mempostingnya di media sosial, lalu banyak comment dari teman – temannya yang mengingatkan untuk dibelikan oleh – olehnya.

Mungkin sekali dua kali tidak apa – apalah, toh itu sekedar mengingatkan. Namun lama – lama, teman kamu yang sedang traveling dan kamu titipi oleh – oleh bisa saja merasa terganggu jika kamu melakukan hal tersebut terus – terusan. Jangan terlalu agresif lah.

5. Beri perhatian

Tak ada salahnya beri perhatian pada teman kamu yang sedang traveling dan juga kamu titipi oleh – oleh. Tanya saja kabarnya, bagaimana keadaan di sana, apa saja tempat – tempat yang keren dan lain – lain.

Sekaligus juga, ingatkan dia untuk membawa oleh – oleh yang kamu mau. Harap diingat, sekali dua kali saja ya tanya kabarnya. Jangan tanya kabarnya setiap hari, sudah kayak pasangan sendiri saja dan malah nanti dia merasa risih.

6. Ucapkan terima kasih

Jika 4 poin sebelumnya berhasil dan oleh – oleh yang kamu titipkan berhasil didapat, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada teman kamu. Pertama, sudah tentu beri terima kasih secara langsung. Kedua yang paling penting, berilah apresiasi.

Caranya, kamu posting oleh – oleh yang kamu dapat di media sosial dan jangan lupa ucapkan terima kasih ke dia. Tentu, dia akan merasa akan sangat dihargai. Bukan tak mungkin kalau dia traveling lagi dan kamu mau nitip oleh – oleh lagi, pasti disanggupi – SOLID GOLD

Sumber : travel.detik