SOLID GOLD | VOLATILAS TINGGI EMAS PEKAN INI

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – WASPADA! HARGA EMAS BERGERAK DENGAN VOLATIL TINGGI PEKAN INI PASAR GLOBAL DIWARNAI SEJUMLAH LAPORAN RILIS DATA DAN FOMC MEETING

SOLID GOLD JAKARTA – Setelah mengalami depresiasi selama dua minggu berturut-turut, minggu lalu harga emas kembali menguat sebesar 1.5 % dan ditutup pada level $ 1853.40/troy ons. Pada hari pelantikan Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat ke 46, harga emas sempat melesat hingga menyentuh level $ 1875.10/troy ons, didukung oleh peluang bahwa stimulus fiskal senilai US $ 1,9 triliun yang diusulkan Biden akan segera cair.

Disamping itu, pernyataan calon menteri keuangan Amerika Serikat Janet Yellen dalam acara dengar pendapat di Senat Amerika Serikat juga menunjukkan dukungan terhadap stimulus jumbo tersebut. Meski demikian dalam perkembangan selanjutnya, stimulus yang diusulkan belum juga mendapatkan persetujuan dari Kongres walaupun Partai Demokrat menguasai mayoritas DPR dan Senat.

Ketidakjelasan tersebut menyebabkan aksi jual terhadap safe haven seperti emas di akhir pekan, penurunan tersebut mencapai level terendah 2 pekan terakhir $ 1836.90/troy ons. Selain itu, vaksinasi massal yang sudah mulai dilakukan memberi harapan akan pemulihan ekonomi dan kenaikan inflasi, sehingga The Fed berpotensi
memperketat kebijakan moneternya di waktu yang akan datang.

Isu lain yang berkembang adalah wacana kemungkinan tapering The Fed di waktu yang akan datang, setelah stimulus dikucurkan. Tapering adalah pengurangan besaran stimulus secara bertahap. Seperti diketahui saat ini The Fed masih menjalankan program pembelian aset (quantitative easing atau QE) senilai US $ 120 miliar per bulan, dengan suku bunga yang tidak akan dinaikkan dalam waktu dekat. Tapering The Fed pernah terjadi pada tahun 2013, ketika perekonomian Amerika Serikat mulai membaik.

Pekan ini, perhatian para pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting, terutama pernyataan ketua The Fed Jerome Powell terkait dengan stimulus moneter di Amerika Serikat. Data penting dari Amerika Serikat lainnya adalah Advance GDP kuartal keempat 2020 dan PCE Price Index.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS

Menurut analisa fundamental, Rilis data GDP Amerika Serikat juga akan dirilis pekan depan pada hari Kamis di mana para pelaku pasar berekspektasi akan ada pertumbuhan sebesar 4,7 %.

Sementara secara tahunan, GDP Amerika Serikat di ekspektasikan akan terkontraksi 3,5 %. Angka ini diharapkan akan membaik tahun 2021 di mana The Economist memprediksi akan bertumbuh 5 %. Tingkat konsumsi sendiri anjlok pada kuartal terakhir yang ditunjukkan dengan penjualan ritel yang anjlok hingga 0,7 % setelah bulan sebelumnya angka penjualan ritel juga cenderung negatif.

Disisi lain, rapat Gubernur The Fed pekan depan juga sangat dipantau para pelaku pasar. Banyak yang berekspektasi The Fed belum akan merubah ancangancangnya dan masih akan melakukan kebijakan moneter longgar untuk meredam dampak Covid-19 ke perekonomian Amerika Serikat. Gubernur The Fed Jerome Powell juga akan ditanya
mengenai pandanganya tentang stimulus fiskal jumbo, di mana banyak yang berekspektasi nominalnya akan cair lebih kecil dari perkiraan.

Selain dari Amerika Serikat, negara-negara lain juga siap melaporkan pembacaan awal GDP tahunan masing-masing negara pekan depan mulai dari Korea Selatan, Perancis, Spanyol, Jerman, Meksiko, Italia, Uni Eropa.

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Secara teknikal, survey yang dilakukan oleh Kitco.com menunjukkan sebagian besar trader memperkirakan harga emas minggu ini akan menguat (bullish). Sekitar 60 % pemain Wall Street memperkirakan menguat (bullish), 20 % melemah (bearish), dan 20 % memperkirakan netral (sideways).

Sementara itu, pemain Main Street memperkirakan harga emas 67 % menguat (bullish), 17 % melemah (bearish), dan 15 % netral (sideways).

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $1811/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
SOLID GOLD

SGB Jakarta/TulusRifwandiGea

About solid gold 2179 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*