solid-goldberjangka.com – Emas spot kemarin ditutup pada menguat signifikan hingga 0,55% menjadi US$1,277.3/troy ounce. Dibandingkan penutupan sebelumnya, angka ini naik US$7,3/troy ounce. Sedangkan untuk emas penyerahan Agustus naik tipis 0,06% ke level US$1.272,7/troy ounce atau menguat $0,7/troy ounce.

pernyataan The Fed sehari sebelumnya berhasil mengangkat harga emas yang dalama beberapa hari terakhir cenderung melemah. Emas memang sempat naik cukup signifikan akibat konflik Irak serta indikasi pelemahan perekonomian AS pada akhir pekan lalu. Namun sejak beberapa hari terakhir, emas mulai jenuh.

Revisi proyeksi pertumbuhan AS untuk periode 2014 dari 2,9% menjadi 2,1% hingga 2,3% mengisyaratkan perekonomian AS yang berada di bawah ekspektasi.

Selain itu, The Fed juga menurunkan pembelian obligasi di level US$35 miliar menjadi US$10 miliar. Imbas dari adanya pertumbuhan perekonomian AS yang berada di bawah ekspektasi, minat terhadap aset safe haven kembali menguat.

Analis memperkirakan hari ini emas berpotensi melanjutkan penguatan. Hal ini disebabkan adanya sentimen kuat dari perlambatan pertumbuhan ekonomi AS yang dapat mendorong minat investasi safe haven.

Hari ini emas penyerahan Agustus akan bergerak pada rentang US$1.260-US$1.285,5. Sedangkan emas di pasar spot diperkirakan berada di kisaran US$1.262-US$1.286.

(inilah.com)