SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Apakah anda merasa lelah selalu terburu-buru di pagi hari, makan sarapan di mobil dan berharap anda sempat ke gym sebelum masuk  kantor? Ritual pagi yang tergesa- gesa terkadang membuat kita frustasi, dan menjadikan mood tidak baik untuk memulai hari. Anda bisa mendapatkan beberapa trik untuk meningkatkan kualitas tidur anda, dan membuat pagi lebih baik.

Satu hal sederhana dan sering diabaikan ini ternyata sudah teruji secara klinis, anda harus tidur lebih awal. Tidur kita sering terlambat karena kita terlalu asik bermain dengan gawai, tak terasa waktu sudah menunjukkan tengah malam ketika anda sedang chatting dengan teman.

Di saat bersiap tidur lebih awal, anda akan mengatur istirahat tujuh hingga sembilan jam. Dengan persiapan tidur lebih lama suasana hati anda akan menjadi lebih baik untuk esok hari. Berikut tiga trik mudah untuk bangun pagi lebih cepat dan istirahat lebih lama.

1. Membuat rutinitas tidur yang tepat

Anda dapat membatasi diri dengan waktu menyaksikan TV tidak lebih dari satu jam, atau mandi pada waktu yang sama setiap malam. Menetapkan rutinitas tidur yang teratur akan membantu pikiran dan tubuh anda tahu kapan waktunya untuk istirahat.

Jika anda kesulitan menemukan rutinitas tidur yang tepat, seorang ahli dari Harvard menyarankan agar anda mengidentifikasi hal apa yang membuat terjaga di malam hari, dan berusaha menghapus dari kebiasaan anda.

Jika tetap tidak berhasil, mungkin anda harus mengurangi beberapa kebiasaan yang mempengaruhi kualitas tidur. Minum alkohol, membatasi jam olahraga, berhenti menggunakan gawai hingga jam tertentu, selesai makan 2 -3 jam sebelum tidur, dan juga berhenti bekerja satu jam sebelum tidur agar otak istirahat sejenak.

2. Mengatur alarm tidur

Langkah awal dalam menetapkan waktu tidur yang lebih baik adalah membuat jadwal tidur yang konsisten. Dengan menetapkan alarm tidur di ponsel, akan mengingatkan untuk berhenti dari ponsel atau laptop, mematikan TV dan mulai bersiap untuk tidur. Awalnya mungkin akan berat, tapi pengaturan waktu tidur akan membuat anda menjadi lebih sehat dan lebih bertanggung jawab. Anda akan memiliki beberapa jam ekstra untuk melakukan banyak hal di pagi hari.

3. Buat kamar tidur menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat

Hal ini bukan berarti anda harus membuat dekor kamar semewah dan senyaman hotel bintang lima. Suatu survei menemukan bahwa orang yang datang ke rumah yang nyaman, bersih dan tempat tidur yang menenangkan akan mendapatkan tidur yang lebih baik.

Jika tempat tidur anda dipenuhi dengan pakaian dan bantal diatas seprai yang tidak pernah diganti, naik ke tempat tidur mungkin tidak tampak menggoda. Tetapi jika tempat tidur anda bersih, rapi, dan memiliki wangi yang menyenangkan, Anda akan tidak sabar terjun ke tempat tidur ketika sampai di rumah – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber