SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Akhir pekan tak hanya dimanfaatkan para pekerja untuk berkumpul dengan keluarga atau pergi ke pusat perbelanjaan. Cukup banyak karyawan yang menghabiskan hari Jumat, Sabtu dan Minggu untuk liburan singkat. Liburan memang penting dilakukan untuk menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan. Namun liburan juga sering membawa rasa stres dan tertekan.

Hal itu biasanya terjadi ketika karyawan sadar jika ia harus kembali ke kehidupan nyata setelah menikmati indahnya tamasya. Hal ini biasa disebut post vacation blues atau sedih setelah pulang liburan. Demi menghindari hal tersebut, lakukan tujuh cara berikut ini :

1. Rencanakan Liburan Selanjutnya
Tak perlu meratap setelah liburan usai. Agar tetap semangat, rencanakan saja liburan selanjutnya. Di sela-sela istirahat, anda bisa menjelajah internet demi menemukan tempat wisata menarik yang sesuai dengan kondisi keuangan. Hal ini diharapkan akan menjadikan anda tetap semangat karena adanya harapan. Namun pastikan untuk tidak terlalu asyik mencari lokasi liburan sehingga melupakan tugas utama yaitu bekerja.

2. Jaga Kesehatan
Selain cinderamata, para pekerja yang pulang liburan juga sering membawa rasa lelah dari tempat wisata. Agar traveling tidak berujung pada timbulnya penyakit, jagalah kesehatan. Kembalikan energi tubuh yang hilang dengan banyak makanan bergizi serta olahraga. Usahakan pula untuk tidak bergadang dan tidur minimal setengah jam lebih awal dari biasanya agar tidak mengantuk keesokan harinya.

3. Cuti Satu Hari
Jika waktu kepulangan anda sangat berdekatan dengan keberangkatan kerja, sebaiknya minta cuti saja. Hal ini perlu dilakukan agar anda bisa memulihkan diri dengan baik. Selain untuk istirahat, anda bisa memanfaatkan cuti tersebut untuk membereskan barang-barang atau mencuci pakaian-pakaian kotor dari liburan.

4. Bersihkan Rumah
Dilansir dari situs Refinery 29, salah satu penyebab post vacation blues adalah melihat rumah yang berantakan setelah menikmati indahnya liburan. Untuk itu, pastikan jika Anda tidak meninggalkan rumah dengan keadaan yang kurang sedap dipandang. Rumah yang bersih diharapkan tidak membuat Anda bertambah lelah atau stres setelah pulang tamasya.

5. Temukan Petualangan di Keseharian
Adrenalin yang timbul saat menjelajahi lokasi asing menjadikan traveling aktivitas yang adiktif. Demi menghadirkan adrenalin tanpa pergi ke jauh, carilah kegiatan menarik yang membuat Anda tetap bersemangat. Misalnya saja dengan makan di restoran atau mendatangi tempat wisata lokal yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

6. Bagikan dengan Yang Lainnya
Keindahan tempat wisata sebaiknya jangan disimpan sendirian. Berbagilah dengan yang lain demi mengingatkan diri akan nikmatnya liburan akhir pekan Anda. Hal tersebut juga akan membuat Anda merasa lebih baik dan menjadikan liburan lebih berarti. Agar tidak sedih selepas liburan usai, posting atau cetak pula foto-foto liburan.

7. Analisa Perasaan
Liburan bukan hanya bisa menyegarkan pikiran. Menjelajahi tempat baru yang mengasyikan juga dapat membuka wawasan atau memunculkan ide-ide baru. Salah satunya hal yang dapat timbul adalah perasaan tidak nyaman mengenai pekerjaan. Jika keinginan untuk melakukan perubahan karier timbul setelah liburan, ada baiknya untuk tidak mengabaikan – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber