SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Kita semua pasti pernah mengalami situasi, dimana kita sudah melakukan apapun agar bisa bangun pagi, tapi gagal. Kalau pun berhasil, kita tidak bisa mempertahankan kebiasaan ini dalam jangka panjang.

Apakah ini gara-gara anda kurang tidur? Atau disebabkan anda kurang mendapatkan waktu tidur yang mencukupi? Ada saran, jika anda kurang tidur, singkirkan pola-pola yang dapat mempengaruhi waktu tidur anda, berikut ini langkah-langkah yang harus dijauhi oleh anda jika ingin mendapatkan waktu tidur yang sehat dan baik :

1. Jangan makan cemilan di malam hari

Makanan butuh setidaknya 2-3 jam untuk dicerna. Jadi, ketika anda langsung tidur setelah makan malam, anda kemungkinan akan bangun dengan perut berat dan tidak akan cukup tidur karena perut anda yang terlihat buncit membuat anda tidak tenang dan tidak bisa tidur.

Selain itu makan larut malam dikatakan dapat menyebabkan gangguan refluks esofagus gastro, yang mana asam lambung akan kembali ke kerongkongan dan menyebabkan refluks asam.  Hal ini memberikan keasaman dan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

2. Atur waktu olahrga yang tepat

Berolahraga memang sangat penting dan berguna untuk  menjaga tubuh tetap bugar. Akan tetapi, berolahraga dengan kebiasan yang buruk bisa mempengaruhi tidur anda. Melakukan olaharga di  jam saat mau tidur bukanlah hal yang baik.

Para ahli menjelaskan hubungan antara suhu tubuh lebih rendah dan mencapai kualitas tidur. Ketika anda berolahraga meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme yang dapat memundurkan jam lelah tubuh anda.

3. Hindari televisi di kamar tidur

TV diyakini menjadi bagian dari kamar tidur, tapi adanya televisi di ruangan kamar tidur, disebut malah dapat mengganggu waktu tidur. Ketimbang televisi di kamar, dokter justru menyarankan buku bacaan yang berada di ruangan tidur.

4. Kurangi bekerja lembur

Sebagian pekerja kantoran menghabiskan berjam-jam lembur di kantor atau membawa pulang pekerjaan untuk dilanjutkan pada larut malam. Tapi kebiasaan ini dapat menyebabkan stres dan ketegangan yang mengarah ke insomnia dan kehilangan nafsu makan. Oleh karenanya hindari bekerja saat lembur.

5. Kurangi berbicara yang tidak penting dengan pasangan

Jadwal padat akibat kesibukan, membuat seseorang meluangkan waktu untuk berbicara dengan pasangannya sebelum tidur. Namun, jika percakapan meningkat menjadi sebuah argumen, dapat menyebabkan perasaan marah dan takut saat tidur. Sehingga berbicara dengan pasangan adalah suatu hal yang ideal dilakukan saat siang hari, bukan menjelang tidur – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber