SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Sibuk di rumah atau di kantor bisa jadi alasan bagi seseorang tidak sempat berolahraga. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa mengakali untuk tetap bisa membakar kalori meski tengah sibuk.

Berikut ini beberapa trik ‘olahraga colongan’ agar anda tetap bisa bergerak dan membakar kalori di sela-sela kesibukan di rumah ataupun kantor :

1. Jangan cuma menunggu

Biasa naik bus atau kendaraan umum bisa anda manfaatkan untuk berolahraga. Caranya, jangan menunggu bus di halte yang biasa gunakan, tunggulah bus anda di halte selanjutnya yang jaraknya lebih jauh. Kemudian, saat turun di kantor usahakan beberapa meter sebelumnya.

Dengan begitu, akan ada kesempatan berjalan kaki ke kantor. Saat tiba jam makan siang pun usahakan untuk tidak titip membeli makanan pada office boy. Belilah makanan sendiri sehingga anda akan lebih sering bergerak.

2. Selipkan yoga saat ke kamar mandi

Jika ingin ke kamar mandi, jangan sekadar untuk buang air kecil saja. Tapi, selipkan latihan yoga yang bisa anda lakukan. Cari tempat yang agak luas dan aman, kemudian lakukan beberapa gerakan yoga selama 5 menit atau lebih.

Misalnya, lakukan gerakan warrior berupa gerakan kapal terbang dengan mengangkat satu kaki dan tubuh lurus ke depan di mana kedua tangan pun menangkup bersamaan lurus di depan. Atau, lakukan gerakan fierce. Rapatkan kedua kaki dan tekuk lutut dengan posisi bokong agak ke bawah. Sementara, satukan telapak tangan dan tarik tangan ke atas dengan posisi lurus.

3. Berkeringat sebelum mandi

Sebelum membersihkan tubuh dengan mandi, ada baiknya anda masukkan waktu 10 menit untuk bergerak seperti naik turun tangga, bolak-balik jalan cepat di rumah, atau lari di tempat. Setelah berkeringat, biarkan tubuh sejenak agar tidak terlalu basah, barulah setelah itu bersihkan diri anda.

4. Manfaatkan iklan di TV

Saat santai di rumah sambil menonton TV, jangan terpaku terus pada acara yang ada. Ketika tiba saatnya iklan lakukan beberapa gerakan seperti push up, sit up, atau lari di tempat. Anda juga bisa lho menonton TV sembari melakukan kegiatan rumah seperti menyapu atau membereskan lemari TV yang sedikit banyak juga bisa membantu tubuh membakar kalori.

5. Gunakan tangga

Daripada naik lift, gunakan tangga ketika akan naik ke lantai tempat ruangan kerja anda. Jika dirasa terlalu jauh, naik saja beberapa lantai kemudian ‘lanjutkan’ perjalanan ke ruangan dengan anik lift, satu lantai misalnya.

Jika menggunakan kendaraan pribadi ke kantor, parkir mobil atau motor lebih jauh hingga ada kesempatan berjalan kaki – SOLIDGOLD

(http://health.detik.com/)