SOLID GOLD BERJANGKA – Tips Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Sinyal Ponsel

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Cara kerja sebuah ponsel yang mentransmisi sinyal melalui frekuensi radio dipercaya memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan.

Menurut sejumlah pendapat, radiasi sinyal ponsel memiliki frekuensi radio rendah layaknya sebuah oven microwave maupun radio AM/FM. Bila terlalu sering terpapar tubuh, frekuensi radio rendah ini diklaim dapat menimbulkan sejumlah penyakit.

Di antaranya adalah sakit kepala, gangguan tidur, tumor otak, alzheimer, parkinson, berubahnya fungsi memori, konsentrasi dan kesadaran spasial, hingga memicu jenis kanker – kanker yang lain.

Akan tetapi anda tak perlu terlalu khawatir dan paranoid. Agar terhindar dari dampak buruk radiasi sinyal ponsel, anda hanya perlu mengikuti tips berikut ini :

1. Hindari menggunakan ponsel saat sinyal lemah (rendah). Saat sinyal lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi, sehingga menciptakan kemungkinan radiasi lebih besar.

2. Kurangi penggunaan ponsel di ruang yang tertutup, seperti lift dan mobil. Radiasi yang cukup besar akan terjadi saat ponsel mencoba menciptakan koneksi pada sinyal.

3. Jangan menelpon saat berada di atas kendaraan. Berbicara di ponsel sambil bergerak dengan cepat membuat ponsel anda terus berusaha mencari sambungan (koneksi) berulang ke menara berikutnya, sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar.

4. Saat ponsel menyala, jangan menyimpannya dekat bagian tubuh anda. Badan kita dapat menyerap radiasi yang membahayakan, jadi jauhkan dari anggota badan (termasuk di saku).

Terkadang saking besarnya kebutuhan berkomunikasi, sampai-sampai ponsel pun tidur di samping kita. Hal ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi kemungkinan terkena radiasi.

5. Gunakan speakerphone. Jika anda sendiri dan tidak ingin mengganggu orang lain, maka penggunaan speakerphone merupakan cara terbaik karena memiliki jarak aman dari kepala anda.

6. Jika menggunakan fasilitas Bluetooth, alihkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara ini adalah untuk menghindari radiasi yang terkonsentrasi di satu sisi. Radiasi Bluetooth tetap berisiko walau lebih rendah dari radiasi ponsel.

7. Gunakan headset ferrite bead. Ferrite bead adalah aksesori ponsel yang berfungsi untuk mengurangi radiasi. Kabel yang ada di alat pendengar di ponsel anda juga dapat menyalurkan radiasi ke telinga. Dengan menggunakan ferrite bead, anda dapat mengurangi radiasi tersebut.

8. Gunakan Airplane Mode. Kebanyakan ponsel sekarang ini memiliki fungsi untuk digunakan saat melakukan perjalanan menggunkan pesawat udara. Airplane mode meniadakan transmisi nirkabel dan menghentikan risiko radiasi.

Di era BYOD (bring your own devices) seperti sekarang ini, keberadaan ponsel pintar telah menjadi teman hidup yang wajib ada di samping kita.

Ke mana pun kita pergi, smartphone selalu menemani untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, informasi, dan hiburan – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : liputan6